Tips Aman dan Nyaman Melakukan Perjalanan dengan Bus

Po.Rosalia Indah

Seperti sudah menjadi semacam rumus baku, di Indonesia lebaran selalu identik dengan mudik. Bahkan meskipun saat ini lebaran masih cukup lama sekitar 3 bulan lagi, namun perburuan tiket untuk mudik sudah dimulai dari beberapa hari yang lalu. Sejak 17 maret yang lalu pemesanan tiket kereta api untuk mudik sudah mulai dibuka dan langsung  diserbu oleh calon pemudik. Bahkan tiket kereta api untuk keberangkatan di H - 7 hingga H -5  untuk jurusan tertentu sudah terjual habis dalam beberapa jam saja. 

Bagi anda yang biasanya menggunakan kereta api dan sekarang tidak kebagian tiket kereta untuk mudik nanti maka salah satu alternatif yang dapat dipilih adalah menggunakan bus. Meskipun waktu perjalanan menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan kereta namun bus adalah alternatif transport dengan harga tiket yang palinhg mendekati harga tiket kereta api.

Jika anda akhirnya memutuskan untuk menggunakan bus untuk mudik nanti, tentunya ada beberapa persiapan yang sebaiknya anda perhatikan dan lakukan agar perjalanan anda terasa aman dan nyaman. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

- Pilihlah bus yang memiliki reputasi bagus, jangan memilih bus yang terkenal dengan sopirnya yang ugal ugalan atau yang seenaknya sendiri menaik dan turunkan penumpang di sembarang tempat.

- Jangan beli tiket bus di calo karena disamping harganya yang pasti lebih mahal terkadang bus yang kita dapatkan pun berbeda dengan bus yang dijanjikan. Biasanya para calo akan membujuk calon penumpang dengan berbagai macam rayuan agar mau menaikki bus yang mereka jualkan tiketnya. Terkadang calo calo ini juga melakukan penipuan yang bisa saja membuat kita gagal mudik. Jadi saat akan menggunakan bus pastikanlah membeli tiketnya di agen resmi bus yang bersangkutan. Untuk pemesanan tiket bus sendiri sebaiknya dilakukan jauh jauh hari sebelum mudik agar tidak kehabisan. Di beberapa agen bus tiket mudik lebaran ini sudah mulai dijual sejak H - 45.

 - Bawalah Barang Secukupnya, membawa barang yang melebihi batas disamping cukup merepotkan juga bisa menambah biaya yang cukup besar, karena di beberapa armada bus kerap diberlakukan aturan maksimal bawaan penumpang. Untuk itulah sebaiknya sebelum mudik kita buat daftar kira kira barang apa saja yang memang harus dibawa dan yang bisa ditinggal. Jikapun ternyata  terpaksa harus membawa cukup banyak barang ke kampung halaman maka sebagai alternatif agar lebih praktis dapat mengirimkan barang tersebut melalui berbagai jasa pengiriman seperti kantor pos dll sebelum berangkat mudik.

- Jangan berpenampilan mencolok, Saat kita akan mudik dengan menggunakan bus sebaiknya janganlah menggunakan perhiasan yang terlalu banyak, karena disamping akan menjadi bahan pergunjingan orang di sekitar  juga akan memancing timbulnya kejahatan berupa perampasan baik secara paksa maupun secara halus.

- Bawa uang secukupnya dan simpan di tempat yang aman, Bagi para pria dompet sebaiknya jangan ditaruh di saku celana belakang. Menaruh dompet apalagi dompet kulit dengan harga mahal  di saku celana belakang sama saja dengan mempersilahkan copet untuk mengambil dompet anda. Sebaiknya simpan saja uang secukupnya di saku baju depan dan kalau bisa sakunya yang model  tertutup. Dompet dan barang berharga lainnya sebaiknya disimpan di dalam tas atau ransel yang selalu anda pegang. Tas atau ransel itu sebaiknya digendong di depan atau selalu dalam jangkauan pandangan mata anda. Atau kalaupun terpaksa harus menaruh dompet di saku belakang maka sebaiknya pakailah dompet dengan model khusus seperti misalnya dompet kulit pria yang dilengkapi tali pengaman sehingga tidak mudah diambil orang.

- Hati hati dengan tawaran dari orang yang tidak dikenal, Tentunya kita sering mendengar tentang adanya kejahatan berupa pembiusan yang modusnya dengan membwerikan makanan ataupun minuman kepada calon korbannya. Jadi jika ada orang tidak dikenal yang menawarkan ataupun memberikan  makanan dan minuman sebaiknya anda tolak. 

Nah demikianlah sedikit tips dari saya agar perjalanan dengan bus anda terasa aman dan nyaman. Dan jangan lupa satu hal utama yang sebaiknya selalu anda lakukan yakni berdoa sebelum melakukan perjalanan mudik.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About