Tips Merawat Hard Disk Agar Berumur Panjang


Jangan lupa untuk membaca dan mengetahui tips merawat hard disk. Sebab hard disk adalah komponen penting bagi komputer atau laptop. Semua data file maupun data program tersimpan di hard disk. Sekali hardisk kamu mati, otomatis komputer atau laptop kamu tidak akan bisa dijalankan.
Kamu bakal kehilangan semua data-data yang selama ini tersimpan rapi di komputer kamu. Termasuk juga foto-foto kenangan. Segala program yang telah terinstal di komputer atau laptop juga bisa dipastikan lenyap. Hard disk sangatlah penting.

Cara merawat hard disk agar berumur panjang
Nah, hard disk itu layaknya alat-alat lain ciptaan manusia yang fanak. Suatu saat entah kapan pasti bakal mengalami kerusakan. Meski tidak bisa diprediksi kapan. Yang pasti, penggunaan yang tidak tepat, kemampuan yang terlalu sering di forsir, perawatan yang salah adalah beberapa hal yang semakin mempercepat proses kerusakana hard disk. Salah satu agar bisa menjaga umur hard disk semakin panjang dan terhindar dari kerusakan cepat adalah dengan merawatnya. Kamu bisa merawat hard disk dengan cara sebagaimana berikut ini:

1. Rajin – rajinlah Menjalankan Perintah CHKDSK Dengan CMD
Apa itu perintah CHKDSK? CHKDSK adalah singkatan dari Check disk, sehingga bisa disimpulkan bahwa perintah CHKDSK adalah perintah untuk melekukan pengecekan pada hard disk. Secara utuh perintah ini ditulis, chkdsk /r /f (Local disk):, yang berrarti perintah untuk melakukan pengecekan sekaligus reparasi pada bagian hard disk yang kamu tunjuk. Huruf f disitu menunjukkan lokal hard disk yang akan kemu bersihkan. Kamu bisa menggantinya menjadi local c, d atau e. Terserah mana yang akan kamu bersihkan.
Dengan menjalankan perintah CHKDSK kamu bakal meningkatkan kinerja hard disk sekaligus memperbaiki setiap error-error yang terjadi di hard disk. Jadi ada baiknya jika kamu rajin menjalankan perintah ini untuk mengatasi terjadinya bad sector pada hard disk. Bad sector adalah kerusakan atau penurunan kinerja pada hard disk. Meskipun harus kamu pahami, bahwa perintah CHKDSK hanya memberi efek sementara, tetapi ini merupakan cara yang ampuh untuk mengurangi resiko kerusakan. Proses dalam melakukan scanning selama perintah CHKDSK kamu jalankan lamanya tergantung isi hard disk kamu. makin besar tentu makin lama.

2. Kurangi aktivitas berat pada hard disk
Hard disk itu layaknya tenaga manusia, makin sering kamu paksa untuk tersu menerus mengerjakan sesuatu yang berat, otomatis bakal cepat lelah dan kehabisan tenaga. Maka kurangilah aktivitas yang bisa membuat hard disk kamu terus menerus bekerja maksimal. Kamu bisa periksa melalui taks manager untuk melihat apakah selama ini hard disk kamu bekerja keras atau tidak.
Beberapa contoh yang masuk sebagai kegiatan berat bagi hard disk adalah bermain game, rander video, dalam sekali waktu membuka banyak program. Pokoknya lihat saja di taks manager, kamu bakal tahu mana saja yang menyita banyak ruang di hard disk kamu.

Selain hal di atas, satu lagi tips merawat hard disk adalah dengan menggunakan power supply unit yang bagus. Power supply unit atau PSU adalah komponen di dalam komputer yang mengalirkan listrik ke komponen lain di dalam CPU. PSU yang tidak bagus atau abal-abal ternyata memang bisa menyebabkan yang namanya bad sector atau kerusakan pada hard disk. Jadi pastikan bahwa komputer atau laptop kamu menggunakan PSU yang bagus.


Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About