Jenis Jenis Platform Game, Kelebihan dan Kekurangannya


Aktivitas seharian yang padat kadangkala membuat kita merasa penat. Untuk mengusir kepenatan ini tiap orang memiliki caranya masing masing. Ada yang berlibur, nonton dan ada juga yang bermain video game. Bermain video game sendiri saat ini sudah tidak sekedar menjadi aktifitas yang dikerjakan di waktu luang saja, melainkan sudah lebih dari itu. Dari masa ke masa jenis game yang dimainkan sendiri juga terus berkembang baik dari segi genre maupun dari peralatan / hardware yang digunakan untuk memainkan video game tersebut.

Berdasarkan hardware yang dipakai untuk memainkan sebuah video game sendiri saat ini secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 paltform utama yakni console game, computer game dan mobile game. Tentunya masing masing platform game mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri. Berikut ini sedikit akan saya ulas mengenai kelebihan dan kekurangannya tersebut.

1. Console Game

Console game adalah permainan video game yang dimainkan dengan sebuah console. Untuk memainkannya console ini biasanya dilengkapi dengan sebuah controller genggam (joystick) yang berfungsi untuk mengendalikan permainan dan untuk displaynya biasanya console ini bisa dihubungkan ke televisi maupun monitor lcd. 

Beberapa console game yang saat ini populer diantaranya adalah playstation (PS) dan  xbox. Masing masing console ini tentunya juga memiliki spek dan juga harga yang berbeda beda. Misalnya saja harga dari sebuah PS 4 pro tentunya tidak sama dengan harga xbox one karena speknya yang juga tidak sama.

Kelebihan dari bermain video  game menggunakan console ini diantaranya adalah kemudahan dalam bermain sebuah game, tak seperti PC game anda tidak perlu pusing pusing memikirkan urusan teknis saat bermain dengan console game. Hal lain yang menjadi kelebihan dari console game ini adalah adanya sejumlah game eksklusif yang hanya ada di console game tersebut.

Sedangkan jika kita berbicara mengenai kekurangan dari game console ini adalah harga dari gamenya yang sampai saat ini masih terbilang cukup mahal. Di game console selain harus memiliki consolenya kita memang masih harus membayar untuk game game yang akan kita mainkan.

2. Computer Game

Computer game atau PC game adalah game yang bisa dimainkan dengan menggunakan PC ataupun laptop. Game jenis ini juga disukai banyak orang hal ini terbukti dengan cukup larisnya komputer maupun laptop gaming seperti asus rog misalnya. Tentunya hal ini karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh game yang dimainkan dengan PC ini misalnya saja saat kita memainkan sebuah game di komputer kita akan leluasa mengontrol pergerakan permainan kita dengan menggunakan keyboard maupun mouse gaming yang sesuai. Kelebihan lainnya adalah jika kita menggunakan sebuah PC untuk bermain game kita bisa mengupgrade part partnya sesuai dengan budget yang kita punya. Di PC pun kita sebenarnya masih bisa memainkan beberapa game console lawas dengan menggunakan emulator.

Sedangkan untuk kekurangan dari bermain game di PC adalah kita masih harus berkutat dengan urusan teknis, misalnya saja saat kita ingin memainkan game A kita harus melihat dulu apakah game ini cocok dengan spek PC yang kita punya misal dalam hal RAM, processor dll. Kelemahan lain adalah harga PC gaming yang sampai saat ini masih cukup tinggi. 

3. Mobile Game

Di era yang sangat membutuhkan mobilitas tinggi seperti sekarang ini maka mobile game atau game yang dimainkan menggunakan smartphone menjadi sangat populer. Terlebih lagi saat ini games yang tersedia untuk smartphone ini juga semakin banyak dan bisa dengan mudah kita dapatkan dengan cara mendownloadnya. Misalnya saja untuk yang memakai smartphone android kita bisa mendownload secara gratis game yang kita sukai ini melalui playstore atau membelinya jika memang game tersebut berbayar.

Namun dibalik kelebihannya yang berupa bisa main di mana saja game mobile inijuga memiliki keterbatasan misalnya saja dari segi tampilan karena layar smartphone yang biasanya tak terlalu besar maka grafis dari game ini terkadang menjadi kurang maksimal, kelemahan lainnya dari game mobile ini adalah dalam hal daya tahan baterai. Mengingat saat memainkan game daya baterai yang dikonsumsi smartphone cukup besar dan juga hp menjadi panas maka baterai akan lebih cepat habis. Hal ini mungkin saja bisa disiasati dengan memilih smartphone yang memiliki kapasitas baterai cukup besar atau dengan membawa sebuah powerbank untuk mengisi daya baterai.

Nah demikainlah sedikit ulasan saya mengenai hardware yang biasa digunakan untuk bermain video game ini. Semoga bisa bermanfaat untu anda dan selalu ingat untuk bermain game jika anda memang sudah menyelesaikan apa yang menjadi kewajiban atau tugas anda sehari hari.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About