Kompresor Beserta Arti dan Jenisnya yang Bisa Dipilih


Kompresor merupakan sebuah alat mekanik yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan tekanan di udara. Dimana biasanya alat ini digunakan dalam berbagai peralatan yang mudah ditemukan sehari-hari. Misalnya digunakan pada motor listrik, pada mesin diesel, pada mesin yang menggunakan bensin, dan juga pada banyak peralatan lainnya. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memompa sesuatu dan mirip dengan prinsip kerja pada paru-paru manusia. Dimana paru-paru berfungsi untuk meningkatkan tekanan udara sehingga udara tersebut dapat untuk dihembuskan oleh manusia, dan begitulah manusia hidup dengan bernafas sehari-hari.

Mesin tekanan angin mempunyai beberapa jenis yang ada dimana dan bisa dipilih dari cara kerjanya. Misalnya beberapa perbedaan dasar pada alat ini yang dapat dipilih adalah jenis berikut ini:
  • Jenis yang mempunyai perpindahan positif merupakan jenis pertama yang ada dimana alat ini mempunyai perpindahan yang positif. Jenis ini juga akan dibagi lagi menjadi jenis lainnya yang akan dijelaskan lebih lengkap di bawah.
  • Jenis yang mempunyai perpindahan dinamis yang juga nantinya akan dibedakan lagi menjadi beberapa jenis yang bisa dipilih dan digunakan untuk berbagai kebutuhannya masing-masing.

Jenis kompresor pertama adalah yang mempunyai perpindahan positif yang mempunyai dua jenis yaitu piston dan juga putar. Untuk jenis piston atau juga yang dikenal dengan torak dan reciprocating sendiri mempunyai beberapa jenis.
  • Pertama adalah piston yang mempunyai kerja tunggal yang memanfaatkan sistem kerja dengan didorong ole poros engkol. Jenis ini dapat untuk memampatkan udara ataupun gas.
  • Jenis piston kedua adalah yang menggunakan kerja ganda yang dapat untuk mempunyai cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan sistem tunggal. Tetapi yang membedakannya adalah silinder kompresinya yang mempunyai port inlet dan juga outlet yang ada pada kedua sisinya.
  • Jenis ketiga adalah piston diafragma yang mempunyai jenis yang klasik dan mempunyai perbedaan dari cara memampatkan udaranya dengan menggunakan membran fleksibel atau dengan diafragma. Sehingga disebut sebagai piston kompresi dengan diafragma.
Sedangkan untuk jenis kedua ini ada jenis putar atau rotary yang juga mempunyai jenis lainnya seperti:
  • Jenis yang pertama adalah screw rotary compressor yang merupakan jenis dengan mekanisme putar yang menggunakan perpindahan positif. Jenis ini membutuhkan udara tekanan tinggi dan juga membutuhkan volume udara yang besar untuk dapat digunakan.
  • Jenis selanjutnya yang menggunakan jenis putar adalah lobe, vane, liquid ring, dan juga scroll.
Sedangkan untuk jenis kedua yang dipilih adalah jenis yang menggunakan tenaga dinamis. Jenis ini juga dipisahkan menjadi dua jenis yang berbeda yaitu:
  • Jenis sentrifugal merupakan jenis yang dapat memanfaatkan gaya sentrifugal sehingga dapat untuk mempercepat aliran udara dengan gaya kinetiknya. Untuk jenis ini nantinya akan menggunakan tekanan udara yang dapat untuk memperlambat aliran pada diffuser.
  • Jenis aksial merupakan jenis yang berputarnya secara dinamis. Jenis ini menggunakan kipas airfoil yang dimanfaatkan untuk menekan aliran fluida. Jenis ini biasanya terdapat banyak mesin jet dan juga alat lainnya.

Alat kompresor tersebut memang banyak digunakan untuk membantu kebutuhan manusia dan juga digunakan untuk keperluan sehari-hari. Misalnya pada mesin pompa air, dispenser, dan jenis lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk fungsi masing-masing. Untuk mendapatkan alat tersebut sendiri cukup mudah baik secara offline atau membeli di situs belanja online yang akan menawarkan harga alat tersebut dengan harga yang sangat bervariasi tergantung dari jenis yang akan dipilih.


This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About