LAPTOP MURAH 1 JUTAAN

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Salah satu hal menakjubkan yang orang tua alami dalam hidup adalah melihat tumbuh kembang anak mereka dari waktu ke waktu, salah satunya adalah melihat perkembangan bayi usia 7 bulan. Bayi yang sudah berusia 7 bulan ini bisa dikatakan sudah cukup independen. Ia sudah mulai bisa melakukan hal hal tertentu misalnya merangkak dari satu sisi ke sisi lain. Bayi di usia tersebut juga telah mengalami perkembangan serta pertumbuhan baik fisik maupun kecerdasan.

Pertumbuhan fisik ini salah satunya ditandai dengan mulai tumbuhnya gigi susu pada bayi. Meski hanya baru satu dua buah saja gigi yang tumbuh. Terkadang tumbuhnya gigi ini juga disertai panas pada tubuh bayi, sehingga ia akan menangis, untuk itu orang tua sebaiknya paham dengan apa yang harus dilakuakn saat mengalami hal tersebut. Salah satu hal lain yang menandai pertumbuhan fisik pada bayi usia 7 bulan ini adalah dalam hal berat badan. Karena bayi di usia ini mulai banyak bergerak tak jarang berat badan mereka agak berkurang sedikit. Karena itulah pemberian makanan kepada bayi berupa ASI harus tetapdilakukan dan dengan ditambah makanan lain yang sesuai dengan usia bayi tersebut.

Sedangkan untuk perkembangan kecerdasan yang terjadi pada bayi umur 7 bulan ini meliputi perkembangan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan motorik. adapun contoh dari perkembangan kecerdasan kecerdasan tersebut pada bayi dengan adalah sebagai berikut :

• Kecerdasan intelektual
Kecerdasan intelektual pada bayi ini salah satu contohnya adalah bayi sudah mulai bisa untuk mengingat suara suara yang familiar. Selain itu kosa kata yang diucapkan  oleh bayi sudah mulai agak bertambah banyak.

• Kecerdasan Emosional
Contoh perkembangan kecerdasan emosional pada bayi ini adalah bayi sudah memiliki ikatan batin dengan orang orang yang dekat dengannnya. Bayi juga sudah mulai bisa untuk menampakkan ekspresinya sendiri, Sebagai contoh bayi menampakkan ekspresi cemas jika di sekitarnya terdapat orang asing dengan menangis.

• Kecerdasan Motorik
Pada bayi yang berusia 7 bulan ini perkembangan motorik yang biasanya terjadi diantaranya adalah bayi sudah mulai bisa merangkak dengan cukup cepat. Seiring dengan pertumbuhan giginya bayi juga menjadi sering memasukkan jari atau benda lain ke mulutnya. bayi pada usia ini juga sudah bisa menegakkan punggungnya sehingga dia sudah bisa duduk dengan baik.

Agar pertumbuhan fisik serta perkembangan kecerdasan dari bayi tersebut dapat optimal maka sebaiknya orang tua memberikan apa yang sesuai dengan kebutuhan bayi tersebut. Kebutuhan ini mulai dari makanan makanan bergizi yang cocok untuk bayi hingga mainan mainan yang bisa merangsang kecerdasan bayi tersebut. Dan jika pada bayi usia tersebut terdapat pertumbuhan atau perkembangan yang tidak normal maka anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About