Digital Agency di Indonesia: Perbedaan dengan Agency Biasa

Persaingan dalam dunia bisnis sudah jadi hal yang biasa. Untuk menyiasati persaingan tersebut, para pelaku bisnis harus pandai-pandai membuat dan menyediakan strategi terhadap marketing produk mereka agar tetap tercapainya target penjualan.

Menggunakan jasa agensi untuk memasarkan produk merupakan salah satu pilihan yang banyak dipilih para pelaku bisnis. Kebanyakan dari alasan mereka melakukan hal tersebut adalah karena agensi dapat mengiklankan produk mereka dan kegiatan promosi sedikit lebih mudah.

Digital Agency di Indonesia dan perbedaannya dengan agency biasa


Seperti yang telah dikemukakan, pemilihan jasa agensi periklanan didasari karena faktor keefektifan. Namun demikian, dengan kemajuan teknologi dan semakin berkembangnya dunia internet, sekarang terdapat Digital Agency di Indonesia. Lalu, apa perbedaannya dengan agensi biasa?

Sesuai dengan namanya, Digital Agency menggunakan media digital pada setiap produknya untuk membantu perusahaan-perusahaan ataupun para pelaku bisnis dalam marketing produk mereka. Perbedaan utama dengan agensi biasa tentu adalah bentuk produknya ini.

Produk jasa yang ditawarkan Digital Agency di Indonesia mengikuti faktor kebutuhan yang ada pada masa sekarang ini yaitu minat masyarakat yang tinggi terhadap internet. Sudah menjadi hal yang umum bahwa internet berubah jadi salah satu kebutuhan pokok di kehidupan sehari-hari banyak orang.


Banyak dari agensi biasa membantu klien memasarkan produk mereka misalnya dengan menggunakan media cetak atau pembagian brosur-brosur. Berbeda dengan Digital Agency di Indonesia, yang mengkombinasikan perkembangan pada ilmu IT dan kreativitas sehingga dapat memanfaatkan internet dengan maksimal untuk membantu klien mereka dalam marketing produknya, misalnya produk Digital Campaign yaitu membantu pemasaran produk melalui media digital secara optimal.

Dengan produk jasa digital dan memanfaatkan internet secara lebih dalam, tentu strategi yang digunakan Digital Agency di Indonesia berbeda dengan agensi biasa. Strateginya adalah bagaimana marketing produk secara digital dapat menjangkau banyak orang dengan tepat dan akurat. Selain bisa menggunakan produk jasa yang ditawarkan, Digital Product Design & Development, yaitu dengan mengembangkan desain produk dan membuat website sendiri untuk bisnis, hal lain yang dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan SEO dalam memasarkan produk di internet.

Apabila berbicara soal efektif atau tidaknya kegiatan marketing, tentu akan merujuk pada hasil penjualan produk dan biaya yang dikeluarkan untuk hal tersebut. Digital Agency di Indonesia tergolong lebih efektif bila dibandingkan dengan agensi manual biasa. Pasalnya, pemasaran melalui media digital memiliki wilayah yang tak terbatas dan mudah dicari siapa saja yang memiliki akses internet.


Perbedaan selanjutnya adalah dapat terlihat dari segi estektika. Menggunakan agensi biasa output yang didapat cenderung sama, akan tetapi, Digital Agency di Indonesia bukan hanya mengandalkan teknologi melainkan juga memadukannya dengan kreativitas. Tenaga-tenaga profesional yang bekerja pada Digital Agency sangat memahami hal tersebut selain ilmu IT yang mereka kuasai, kreativitas untuk merealisasikannya dalam membuat sebuah produk agar menarik harus mereka miliki pula.


Itulah beberapa perbedaan dari Digital Agency dengan agensi biasa. Dalam melakukan pemasaran produk, tentunya para pelaku bisnis harus cerdas dalam memilih caranya sehingga biaya untuk marketing tersebut tidak terbuang sia-sia.  
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About