Inilah Daftar Mpasi yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan

ASI merupakan nutrisi yang baik untuk bayi yang wajib diberikan hingga usia 2 tahun. Pada bayi, pemberian ASI eksklusif dirasa sangat penting sebagai sumber kalori bayi. Pada saat bayi berusia 6 bulan, para ibu perlu memberikan makanan tambahan yang mana proses pencernaan bayi sudah mulai sempurna. Makanan tambahan tersebut sering disebut dengan mpasi. Pemberian mpasi 6 bulan perlu dilakukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi. Mengingat hal itu, para ibu harus memperhatikan mpasi yang baik untuk bayi 6 bulan.

Makanan tambahan yang bisa diberikan kepada bayi bukanlah makanan yang sembarangan. Mpasi yang dapat diberikan pada bayi adalah makanan yang bertekstur halus yang mudah dicerna oleh bayi. Usahakan untuk memberikan makanan bayi buatan sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan nutrisi dari bahan yang digunakan. Berikut adalah daftar makanan pendamping asi yang bisa dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk bayi usia 6 bulan:

1.Bubur wortel

Wortel merupakan makanan yang sangat disarankan sebagai makanan pendamping asi untuk bayi. Wortel mempunyai kandungan mineral yang tinggi dan vitamin A yang baik untuk pertumbuhan bayi. 

2. Pisang

Para ibu bisa memberikan pisang sebagai makanan pendamping asi. Buah pisang untuk mpasi bisa dijadikan bubur atau bisa juga dengan mengerik buah pisang dengan sendok sedikit demi sedikit. Buah pisang baik untuk mpasi karena mengandung asam folat, kalsium, fosfor, dan vitamin A.

3. Buah pepaya
Buah pepaya merupakan makanan pendamping asi yang sangat cocok diberikan pada bayi. Buah pepaya mempunyai kandungan enzim papain yang membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu, pepaya juga mengandung asam folat dan zat besi yang membantu perkembangan otak. Pepaya juga mengandung zink dan kalsium yang mampu menjaga kesehatan tulang.  

4. Buah alpukat
Bubur alpukat bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk bayi usia 6 bulan. Buah alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalsium yang dapat mengembangkan kemampuan motorik dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.  

5. Buah pir
Buah pir yang dijadikan bubur sangat disukai bayi sehingga cocok untuk tahap pengenalan makanan pertama pada bayi. Hal ini dikarenakan buah pir mempunyai rasa yang manis sehingga disukai bayi. Cara penyajian buah pir sebagai mpasi adalah dengan cara dihaluskan dengan menggunakan blender. 

6. Bubur sumsum
Bubur sumsum bisa anda coba sebagai makanan mpasi untuk bayi anda. Kamu bisa membuat bubur sumsum sendiri dengan menggunakan tepung beras merah atau tepung beras putih. Anda bisa menambahkan susu pada bubur tersebut sesuai selera. Penggunaan tepung beras merah sangat disarankan karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada beras putih.

7. Ubi Jalar
Ubi jalar adalah makanan yang sehat dengan kandungan zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang baik untuk proses pertumbuhan. Kandungan nutrisi yang terkandung pada ubi jalar inilah yang menjadikan ubi jalar baik untuk mpasi. Anda bisa memberikan ubi jalar rebus yang sudah dihaluskan untuk makanan bayi anda.

8. Kentang
Kentang mempunyai rasa yang gurih sehingga bisa dijadukan sebagai makanan pendamping asi pada bayi usia 6 bulan untuk mengenalkan rasa gurih pada bayi. Dalam penyajiannya, anda bisa merebus kentang hingga lunak dan haluskan hingga menjadi bubur. 

9. Nasi tim
Nasi tim merupakan menu makanan pendamping asi untuk bayi usia 6 bulan. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi tim adalah garam, beras, dan santan. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan bayam sebagai sumber nutrisi. 

10. Bubur kacang hijau 
Kacang hijau sangat baik untuk bayi usia 6 bulan karena mengandung serat dan protein yang membantu meningkatkat metabolisme tubuh. Penyajiannya sangat mudah yaitu rebus kacang hijau hingga empuk kemudian haluskan hingga bertekstur lembut. 

Itulah beberapa makanan mpasi yang baik untuk bayi 6 bulan yang bisa anda buat sendiri. 
Itulah tadi macam macam mpasi sebanyak 10 p0int dan untuk info lebih lanjut mengenai mpasi anda bisa mengunjungi situs https://review.bukalapak.com/mom/mau-mencoba-ubi-jalar-untuk-menu-mpasi-bayi-ini-7-keunggulannya-52962

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger