Tips Agar Dapur Bersih

Dapur Bersih


Diakui atau tidak kondisi dapur bersih akan mempengaruhi hasil dari makanan yang kita masak. Hal ini karena dengan kondisi dapur yang bersih kita akan merasa lebih nyaman saat mengolah bahan makanan yang ada. Di samping itu kondisi dapur yang bersih akan lebih meminimalisir  jumlah bakteri bakteri yang bisa merugikan kesehatan kita. Oleh karenannya kita sebaiknya selalu memperhatikan kondisi dari dapur yang ada di rumah agar senantiasa bersih, terawat dan rapi. Beberapa tips di bawah ini bisa anda terapkan jika menginginkan dapur anda menjadi lebih baik kondisi kebesihannya.

Tempatkan Bahan Makanan dan Bumbu Bumbu Pada Tempatnya
Sebaiknya bahan makanan dan bumbu yang ada ditempatkan sebagaimana mestinya. Misalnya saja untuk bahan bahan makanan seperti daging atau ikan hendaknya ditempatkan di freezer jika kita punya atau kalau tidak sebaiknya dipisahkan dari bahan makanan lainnya. Demikian pula untuk bumbu bumbu juga sebaiknya dibuatkan tempat khusus, sehingga tidak berantakan dan lebih mudah saat akan menggunakannya. Beberapa bumbu ada yang lebih baik di tempatkan di wadah terbuka, namun ada juga yang sebaiknya di letakkan di wadah tertutup misalnya saja gula dan yang sejenisnya.

Bersihkan Peralatan Setelah Memasak
Memebersihkan peralatan memasak seperti panci, wajan dan lain sebagainya sebaiknya dilakukan segera setelah kita selesai memasak, jangan sampai menunda nunda sampai menumpuk banyak, karena selain kotoran akan lebih sulit untuk dibersihkan karena sudah mengeras dan melekat pada peralatan, menunda membersihkan / mencuci makanan dapat mengundang beberapa binatang seperti semut dan lain lain mengerubungi peralatan tersebut. Setelah dibersihkan dan kering tempatkan peralatan peralatan tersebut ke tempatnya semula.

Bersihkan Lantai Dapur Secara Rutin
Lantai dapur merupakan salah satu yang secara rutin kita bersihkan, karena jika tidak kotoran yang ditimbulkan bisa menyebar kemana mana. Untuk membersihkan lantai dapur ini bisa dilakukan dengan menyapu atau mengepel lantainya. 

Sediakan Tempat Sampah
Adanya tempat sampah ini tentunya sangat membantu jikakita akan membuang sampah saat sedang atau setelah memasak. Sebaiknya tempat sampah yang dipakai adalah tempat sampah yang modelnya tertutup, sehingga bau dari sampah dapur tersebut tidak menyebar dan juga tidak di korek binatang. Serta pastikan juga untuk membuang sampah yang ada di tempat sampah dapur tersebut ke tempat sampah di luar sebelum sampah di tempat sampah dapur penuh. Untuk bahan dari tempat sampah ini bisa memakai yang berbahan plastik selama plastik tersebut lumayan tebal dan kuat.

Cek Kondisi Dapur Secara Rutin
Pengecekan ini dilakuakn secara menyeluruh ke seluruh bagian dapur dan bisa dilakukan sambil membersihkannya. Hal hal yang perlu dicek misalnya saja kondisi kompor gas apakah bekerja dengan baik atau tidak, juga periksa kondisi peralatan peralatan lainnya. Periksa juga apakah di dapur kita ada sarang sarang hewan pengganggu seperti semut atau  lainnya. Dan jika ada segera kita membuangnya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About