6 Gaya Hidup Frugal, Biar Hidup Semakin Hemat


Di era yang semakin konsumtif seperti sekarang, mencoba hidup sederhana memang teramat sulit. Berbagai hal yang kita jamah, baik di dunia nyata maupun di dunia maya, rasa-rasanya hanya berisi godaan duniawi. Jika hari ini kamu kesulitan menghemat uang, maka kamu mesti segera menerapkan gaya hidup frugal! Apa itu gaya hidup frugal? Gaya hidup frugal menekankan pentingnya kesederhanaan, jadi apapun yang dilakukan, dimakan, dikeluarkan, itu tak lebih dari apa yang dibutuhkan. Nah berikut ini kami akan membahas 6 gaya hidup frugal, biar hidup semakin hemat.

1. Pertama, Pahami Kondisi Keuanganmu Sedetail Mungkin
Untuk menerapkan gaya hidup frugal, maka pertama, kamu harus benar-benar memahami kondisi keuanganmu sedetail mungkin. Kuncinya yaitu kesadaran, karena jika kamu tidak sadar dengan pemasukan dan pengeluaran, maka kamu akan tersesat pada pola laku konsumtif. Jadi mengenai frugal lifestyle ini, coba catat semua pemasukan dan pengeluaran. Tentunya kamu harus membuatnya sedetail mungkin, jadi kamu mesti tahu perbandingan nominal antara pemasukan dan pengeluaran. Khususnya untuk pengeluaran, jangan pernah mengeluarkan uang melebihi pemasukan, karena gaya hidup frugal menekankan penghematan.

2. Resapi Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Gaya Hidup Frugal
Setelah kamu paham kondisi keuanganmu, maka kamu mesti meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam hidup frugal. Frugal merupakan istilah yang berarti penghematan, kesederhanaan, dan hanya membelanjakan apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Nilai-nilai tersebut mesti terpatri dalam diri. Mulai sekarang, jauhi gaya hidup konsumtif, dimana kamu mesti membelanjakan uang hanya untuk memuaskan syahwat shopping. Gaya hidup frugal ini juga lebih menekankan fungsi daripada presentasi. Jadi jika kamu terbiasa membeli smartphone berharga mahal karena ingin dilihat orang banyak, mulai sekarang belilah yang lebih murah namun tetap fungsional.

3. Atur Tagihan Bulanan Menjadi Autodebet
Tagihan bulanan yang tidak jua dibayarkan bisa menjadi blunder karena akan terus menumpuk. Jika kamu ingin menerapkan gaya hidup frugal, maka pastikan kamu mengatur sistem tagihan bulanan menjadi autodebet. Dengan menerapkan sistem ini, kamu ‘pun menjadi lebih tenang dan bisa melanjutkan kehidupan lebih baik lagi.

4. Belanja Online
Frugal lifestyle menekankan pentingnya kesederhanaan dan penghematan, jadi sangat penting bagimu untuk mencari sumber-sumber penghematan. Untuk menghemat budget bulanan, kamu bisa mengalihkan kebiasaan belanja ke dunia online, mengapa? Karena kamu bisa menemukan banyak sekali marketplace yang menawarkan kode voucher. Apapun produk yang kamu beli, maka dengan kode voucher ini harganya menjadi lebih murah. Jika kamu seorang frugal lifestyler maka temukanlah kode voucher Lazada. Pada momen-momen tertentu, Lazada sering menawarkan voucher dengan presentase diskon yang sangat tinggi. Budget bulanan menjadi lebih hemat dengan menggunakan kode voucher Lazada gratis, jadi jangan kamu lewatkan ya.

5. Belilah Produk yang Berkualitas
Terkadang gaya hidup frugal ini sering salah diartikan. Banyak orang menganggap frugal lifestyle ini sebagai lifestyle kumuh, selalu membeli yang murah, anti barang baru, dan lainnya. Padahal pada esensinya, gaya hidup frugal ini juga menekankan efisiensi dan efektivitas. Mengapa harus membeli produk yang berkualitas? Jika kamu membeli barang murahan, maka barang tersebut akan gampang rusak, dan kamu ‘pun mesti mengganti barang sejenis berkali-kali. Berbeda jika kamu spend uang agak banyak untuk barang yang berkualitas, maka kamu bisa memastikan bahwa kamu tidak perlu menggantinya untuk waktu yang lama.

6. Masak di Rumah dan Jangan Berlebihan
Untuk menghemat pengeluaran, masak di rumah dapat menjadi opsi terbaik. Namun meskipun masak di rumah, namun pastikan porsinya tidak berlebihan dan jangan terlalu menghamburkan uang untuk membeli bahan-bahan masakan. Selain itu, gaya hidup frugal ini juga sangat identik dengan gaya hidup vegan dan hanya mengkonsumsi makanan yang sehat-sehat saja.

Prinsip hidup frugal ini sudah diaplikasikan oleh banyak selebritis Hollywood. Meskipun kamu punya uang banyak, namun bukan berarti kamu tak boleh menerapkan gaya hidup frugal ini. Justru dengan frugal lifestyle ini, hidupmu menjadi lebih tenang, nyaman, dan juga aman dari segi finansial.



Facebook CommentsShowHide

1 komentar:

Hello! Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Balas



About