4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Jas Hujan

jas hujan

Tidak terasa, saat ini kita sudah memasuki bulan Desember yang selalu identik dengan hujan deras yang turun. Saat ini hujan hampir selalu turun baik saat siang maupun malam. Hujan lebat ini sedikit banyak tentu menghambat aktivitas orang yang menggunakan sepeda motor. Di samping jalanan yang menjadi licin hujan deras juga membuat pengendara sepeda motor terpaksa diguyur hujan di jalanan.

Saat pengendara motor kehujanan tentu saja bisa berakibat buruk untuk tubuh, misalnya terkena flu, pilek dan lain lain. Untuk mencegah hal tersebut, maka sebaiknya pakailah jas hujan saat berkendara. Menggunakan jas hujan ini akan mencegah air hujan mengenai tubuh kita.

Saat kita akan membeli sebuah jas hujan, sebaiknya kita harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar nantinya jas hujan yang kita pakai dapat secara efektif mencegah hujan mengenai tubuh, serta tetap terasa nyaman saat dipakai. Beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan tersebut di antaranya adalah:
Model Jas Hujan
Di pasaran saat ini model jas hujan ini sudah sangat bervariasi. Ada yang model ponco, model baju + celana, dan masih banyak lagi. Dalam memilih jas hujan yang baik ini sebaiknya hindarilah jas hujan dengan model ponco. Hal ini karena jas hujan model kurang nyaman digunakan saat anda mengendarai sepeda motor. Selain itu penggunaan jas hujan model ponco yang biasanya berukuran cukup besar terkadang mengganggu pengendara lain saat jas hujan tersebut tertiup angin dan menutupi pandangan pengendara motor lain saat jalanan padat kendaraan. Bahkan penggunaan jas hujan model ponco ini juga bisa membahayakan pengendara sepeda motor yang menggunakan jas ponco tersebut, yakni adanya resiko jas hujan model ini tersangkut jeruji sepeda motor dan menyebabkan pengendara jatuh. Pilihlah jas hujan model setelan karena jas hujan model setelan ini akan terasa lebih nyaman saat dipakai dan saat tertiup angin tidak terpengaruh. Di berbagai toko online seperti Shopee misalnya sudah sangat banyak dijual model jas hujan seperti ini. Tentu saja harga antara jas hujan model setelan ini akan berbeda dengan jas hujan model ponco.
Bahan Jas Hujan
Untuk bahan pembuatan dari jas hujan ini juga sangat beragam. Bahan bahan yang biasa dipakai untuk jas hujan ini diantaranya adalah polyvinyl chloride(PVC), Parasut, Plastik dan lain sebagainya. Setiap bahan tersebut tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu pilihan jas hujan terbaik adalah jas hujan yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride. Hal ini karena jas hujan yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride akan lebih kedap jika dibandingkan dengan jas hujan yang terbuat dari bahan lainnya. Dan akan lebih baik jika pada bagian dalam jas hujan dilengkapi pelapis beru[a furing sehingga ketika dipakai tidak terasa panas. Pilihlah juga jas hujan yang bahannya di press bukan dijahit karena bahan jas hujan yang dijahit kadang kadang masih menyisakan celah untuk air hujan masuk. Atau kalau terpaksa memilih jas hujan dengan model dijahit maka pilihlah yang pada bagian jahitannya dilengkapi dengan seal yang kedap air.
Warna Jas Hujan
Untuk pemilihan warna dari jas hujan ini tentu saja tak sekedar hanya untuk bergaya saja. Karena pemilihan warna dari jas hujan ini juga berpengaruh dengan keamanan saat berkendara di waktu hujan. Pemilihan warna warna yang cerah dan mencolok akan lebih baik karena saat hujan deras maupun kondisi agak gelap lebih jelas terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Akan tetapi jika kita lebih memilih warna jas hujan yang gelap maka sebaiknya pada bagian belakang jas hujan tersebut dilengkapi semacam scotlight yang terang sehingga tetap terlihat di malam hari.
Ukuran Jas Hujan
Pilihlah ukuran jas hujan yang paling tidak agak lebih besar dari ukuran tubuh kita, agar kita tidak merasa terbebani. Namun juga jangan terlalu kebesaran karena akan menyebabkan ketidaknyamanan saat dipakai dan juga ada kemungkinan jika terlalu besar, air hujan justru bisa masuk ke tubuh kita.

Nah demikianlah tadi beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum membeli jas hujan. Untuk membeli jas hujan dengan berbagai mode sendiri kita melakukannya secara online misalnya saja lewat Shopee. Di sini kita akan mendapatkan sangat banyak pilihan jas hujan dengan harga yang beragam.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About