Mengenal Gejala Kram dan Cara Mengatasinya

Kram merupakan kontraksi otot yang muncul tiba-tiba dan terasa sakit, biasanya gejala kram otot hanya berlangsung beberapa menit, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi kembali. Mengalami kram sama sekali membuat kita tidak nyaman, bisa terjadi dimalam hari dan bisa juga terjadi di waktu tertentu seperti melakukan kegiatan fisik. Kram otot kaki yang terjadi dimalam hari biasanya berupa kejang secara tiba-tiba, bisa terjadi di kaki dan bisa juga di paha, sering sekali muncul kram di waktu anda tidur. Melakukan kegiatan fisik yang tidak tepat juga bisa membuat kram otot. Penting diketahui bahwa kram otot bisa terjadi oleh siapa saja, namun seringnya kram otot terjadi pada orang yang berusia tua, orang-orang yang sering terkena dehidrasi, orang yang sedang hamil, kondisi medis seperti diabetes, hati atau tiroid dan masih banyak lagi lainnya.
Untuk info lebih jelasnya berikut ini hal-hal yang menyebabkan seseorang mudah terkena kram :
  • Dehidrasi
Orang yang tidak suka minum memiliki resiko besar mengalami kram, oleh sebab itu pastikan mengkonsumsi minum secukupnya.
  • Gizi yang bermasalah
Memiliki gizi seimbang didalam tubuh juga sangat penting, anda harus memiliki cukup natrium, kalium, magnesium, dan kandungan lainnya didalam tubuh. Sehingga anda tidak akan mudah terkena kram.
  • Efek samping dari obat yang digunakan
Kram juga bisa disebabkan oleh efek samping dari mengkonsumi obat-obatan.
  • Sirkulasi darah yang buruk
Sirkulasi darah yang tidak baik juga akan menyebabkan kram, bahkan anda akan merasakan nyeri di titik kram tersebut.
  • Gunakan sepatu yang nyaman
Anda juga harus menggunakan sepatu yang nyaman agar tidak terkena kram.
  • Peregangan yang baik
Selanjutnya adalah lakukan peregangan yang benar sebelum melakukan aktifitas olahraga seperti renang atau lainnya.
  • Berdiri dalam jangka waktu yang lama
Ini juga sangat mempengaruhi anda terserang kram
  • Paparan terhadap suhu dingin
Berada disuhu dingin dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan munculnya kram.
Adapun gejala kram otot bisa berupa nyeri pada otot yang terkena, biasanya otot yang terlibat atau terkena kaku dan keras, dan biasanya juga akan muncul nyeri jika ditekan. Dan kondisi paling ekstrime otot pada bagian tangan akan terkena, sehingga anda akan kesulitan dalam menulis dan juga menggenggam. Dan bila otot betis dan kaki terkena maka akan kesulitan dalam berjalan. Untuk anda yang ingin mengobati kram maka ada beberapa cara. Cara pertama bisa dengan melakukan perawatan medis, biasanya kram ini cepat sembuh dalam hitungan menit, namun jika tidak segera sembuh maka segera datang ke dokter, pastikan datang ke dokter spesialis sehingga pengobatan akan lebih terjamin, adapun dokter spesialis yang bisa didatangi adalah ortopedi, rheumatologi, ahli saraf, ahli fisiologi, dan dokter ICU.
Selain datang ke dokter, ada obat lain yang bisa anda coba, yaitu mengkonsumsi Neurobion. Merupakan suplemen vitamin yang didalamnya terkandung vitamin B kompleks dengan dosis yang tinggi, dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks maka metabolisme tubuh terutama sistem saraf pusat dan perifer akan lebih terjaga. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi Neurobion, gejala kram akan lebih mudah diatasi dengan baik. Obat ini juga cocok digunakan bagi anda yang mengalami masalah pada gangguan saraf tulang belakang, juga bisa mengobati Neuritis, iskialgia, sindrom serviks, dan mampu meredam kesemutan. Untuk anda yang memiliki penyakit beri-beri juga bisa disembuhkan dengan menggunakan Neurobion, obat neurobin ini juga akan membantu anda membuat kulit lebih sehat dan tidak kering. Untuk penggunaan obat ini cukup sesuai dengan petunjuk dokter atau pihak apotik, jika anda membeli sendiri tidak melalui resep dokter maka anda tinggal membaca panduan cara menggunakan obat yang ada didalamnya. Agar obat masih bisa digunakan dalam jangka waktu yang ditentukan, maka pastikan anda meletakkan obat disuhu rungan dibawah 25 derajat, sebaiknya jangan paparkan langsung dari sinar matahari, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jika penggunaan obat ini tidak kunjung sembuh, maka anda bisa datang ke dokter ahli.
Penting diketahui bahwa obat Neurobiun memiliki kandungan B kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Didalamnya tergantung vitamin B1 atau dikenal dengan nama tiamin, memiliki peran sebagai koenzim pada proses dekarboksilasi asam alfa-keto, anda bisa mengkonsumsi gandum, biji bunga matahari jeruk, kentang, jamur dan makanan lainnya. Juga terdapat vitamin B6 dikenal dengan nama piridoksin, yaitu vitamin B memiliki peran penting membantu proses metabolisme, makanan yang mengandung vitamin B6 adalah daging, kacang-kacangan, dan pisang. Dan yang terakhir ada vitamin B12 dikenal dengan nama kobalamin, makanan yang mengandung vitamin B12 adalah sereal dan kedelai.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About