Sebelum Membeli TV Tuner Perhatikanlah Hal Berikut Ini

tv tuner

Bagi kita yang mempunyai sebuah komputer ataupun laptop dan berkeinginan untuk menggunakannya sebagai alat menonton TV secara terestrial maka tv tuner adalah alat yang kita butuhkan. Dengan menggunakan tv tuner ini kita bisa menyaksikan siaran televisi dari berbagai stasiun tv di komputer layaknya menggunakan televisi biasa. 

Saat akan membeli tv tunner hendaknya kita tidak asala asalan saja karena bisa jadi jika kita membelinya secara serampangan tv tuner yang kita dapat tidak optimal saat digunakan sehingga bisa mengecewakan kita. Ada beberapa hal cukup penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah tv tuner untuk komputer maupun laptop kita. Beberapa hal penting tersebut misalnya adalah :

Mau Pilih TV Tunner Internal atau Eksternal
Secara umum jenis tv tuner ini ada 2 macam yakni tv tuner internal dan eksternal. Tv tuner internal merupakan tv tuner yang dipasang di dalam kotak CPU yakni tepatnya dipasang di slot PCI. Sedangkan tv tuner eksternal adalah jenis tuner televisi yang berada di luar dari PC dan dikoneksikan ke port USB atau PS2. Masing masing jenis tv tuner baik yang internal maupun eksternal mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Misalnya untuk tv tuner eksternal yang menggunakan USB konektor memiliki sejumlah kelebihan yaitu praktis dan mudah dibawa ke mana mana namun memiliki kelemahan diantaranya adalah gambar yang kadang tidak terlalu bagus serta harus diinstall terlebih dahulu. Tv tuner eksternal dengan koneltor USB ini cocoknya dipaki untuk laptop karena mobilitasnya. Sedangkan tv tuner eksternal yang bertipe box memiliki kelebihan diantaranya gambar memiliki kualitsa yang bagus serta bisa dipakai saat komputer mati karena memiliki port VGA yang bisa langsung dikoneksikan ke monitor. Sedangkan untuk tv tuner internal memiliki beberapa kelebihan yakni bisa dijalankan bersamaan dengan program lainnya. Namun tv tuner tipe internal ini juga memiliki sejumlah kekurangan misalnya saja membebani kinerja dari PC dan hanya bisa dipakai saat komputer hidup.

Harga Tv Tuner
Harga tv tuner di pasaran saat ini berkisar di angka antarapuluhan hingga ratusan ribu atau bahkan lebih. Pastikanlah membeli tv tuner yang sesuai dengan budget yang kita punyai.

Ukuran Tv Tunner
Saat akan membeli tv tunner perhatikan juga ukuran atau dimensi dari tv tunner ini. Misalnya kita akan menggunakan tv tunner oada laptop yang notabene sring kita bawa ke mana mana maka pilihlah sebuah tv tuner dengan ukuran yang cukup kecil sehingga ringan dan mudah dibawa bawa.

Spek Dari Tuner
Belilah tv tuner yang speknya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari laptop atau komputer yang kita gunakan agar tv tuner dapat bekerja secara optimal.

Merk Tv Tunner
Tv tuner dengan merk merk yang cukup terkenal seperti Gadmei amupun yang lainnya biasanya memiliki kualitsa yang relatif lebih baik. Ada baiknya juga memilih membeli tv tuner yang banyak dipakai oleh orang sehingga jika ada gangguan lebih mudah bertanya ke orang di sekitar yang paham.

Tempat Beli Tv Tuner
Kita bisa membeli tv tuner ini di toko toko perlataan elektronik yang ada di sekitar kita. Namun apabila karena suatu alasan misalnya tidak tersedianya tuner yang kita maksud atau tidak ada toko elektro di sekita kita maka membeli tv tuner secara online adalah alternatif pilihan yang tepat. Saat membeli tuner secara online pastikanlah hanya membeli di toko toko online yang memang terpercaya dan sudah memiliki reputasi bagus seperti jakmall misalnya.

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger