Memasak Mie Kuah yang Sehat


mie kuah
Seporsi mie kuah hangat merupakan menu makanan yang cukup nikmat untuk di santap di suasana hujan yang terus mengguyur beberapa daerah di Indonesia beberapa hari belakangan ini. Curah hujan yang instensitasnya masih cukup tinggi hingga bulan ini menjadikan suhu udara di sekitar kita dingin. Dan di suasana yang dingin ini menjadikan kita biasanya lebih cepat merasa lapar. Hangatnya mie kuah apalagi jika mie tersebut  dilengkapi dengan bumbu yang cukup pedas tentunya sedikit banyak bisa menghangatkan tubuh kita yang tadinya dingin dan juga cukup membantu untuk menghilangkan rasa lapar. Membuat mie kuah ini juga sangat mudah jika dibandingkan dengan membuat makanan makanan lainnya. 

Saking mudahnya membuat mie kuah kitapun bisa dengan cepat membuatnya. Kita bisa memasak mie kuah ini dengan mie instan yang biasanya tersedia di mana mana. Namun jika kita ingin memasak mie kuah dengan menggunakan mie instan sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita inging menghasilkan mie kuah yang enak dan sehat. Beberapa hal ini perlu diperhatikan terutama bagi mereka yang memiliki sejumlah gangguan kesehatan. Hal yang harus diperhatikan saat akan memasak mie kuah dengan menggunakan mie instan ini diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Perhatikan kandungan zat apa saja yang ada pada mie instan tersebut, biasanya pada bungkus mie instan sudah tercantum persentase AKG (angka kecukupan gizi) yang berisi zat zat apa yang terkandung pada mie instan dan berapa banyak yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa zat ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat bisa bermanfaat namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlenih bisa mengganggu kesehatan. Seperti misalnya sodium yang terkandung dalam bumbu mie instan jika berlebih akan cukup berbahaya apalagi untuk penderita tekanan darah tinggi misalnya. Atau jika nada merupakan orang yang sedang berdiet gluten atau mengurangi konsumsi bahan makanan yang mengandung gluten maka bisa juga menggunakan mie yang kandungan glutennya rendah seperti mie dari lemonillo misalnya. Pastikan juga mie yang akan kita masak ini aman dari zat zat berbahaya seperti zat pewarna dan pengawet kimiawi.
  • Tambahkan bahan lain, seperti yang kita ketahui bersama karbohidrat merupakan zat yang mmeiliki presentase terbesar dalam saru bungkus mie instan. Tentunya agar mie kuah yang kita makan nantinya memilki gizi yang seimbang kita perlu menambahkan bahan bahan lain yang mengandung protein ataupun vitamin. Untuk bahan bahan yang mengandung protein kita bisa menambahkan telur, irisan daging ayam atau udang sedangkan untuk menambahkan vitamin kita bisa menambahkan aneka macam sayruran seperti sawi misalnya atau kita bisa juga menambahkan irisan tomat. Penambahan bahan makanan lain ini selain untuk menyeimbangkan nilai gizi yang ada pada mie kuah juga berfungsi untuk menambah cita rasa dari mie kuah itu sendiri.
  • Tempat penyajian mie, wadah atau tempat yang digunakan untuk meyajikan mie kuah juga bisa memengaruhi kesehatan kita. Misalnya saja mie kuah yang disajikan di wadah plastik maupun styrofoam terkadang bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit ke tubuh kita.
  • Porsi mie yang dimasak dan dikonsumsi, segala sesuatu harus ada batasannya termasuk juga dalam mengonsumsi mie. Karena jika kita mengonsumsi mie dalam jumlah yang terlalu banyak beberapa jenis gangguan kesehatan berpotensi menyerang kita. Menginsumsi mie melebihi batas kewajaran juga bisa menyebakan kegeumukan.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About