Kelebihan Motor Kecil Dibandingkan Motor Besar

motor kecil

Motor motor kecil seperti motor jenis matic maupun bebek bisa dibilang adalah jenis sepeda motor yang memiliki jumlah penjualan paling besar di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan motor motor besar seperti motor sport maupun yang sejenisnya penjualan motor dengan cc kecil ini mencapai 2 x atau bahkan lebih besar.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari sejumlah keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh motor motor dengan ukuran relatif kecil. Beberapa diantara keunggulan yang dimiliki oleh motor yang ukuran dan cc nya kecil dibandingkan motor besar ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Harga yang Lebih Murah
    Faktor harga merupakan salah satu faktor penting yang biasanya orang pertimbangkan sebelun membeli sepeda motor, baik saat membeli sepeda motor baru maupun bekas. Pada umumnya motor motor dengan ukuran maupun cc kecil seperti jupiter , jupiter mx, mio maupun yang sejenisnya memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan motor motor besar. Misalnya saja jika motor motor kecil ini harga barunya hanya berkisar di angka belasan juta saja maka motor motor besar seperti motor sport harganya bisa mencapai puluhan bahkan hingga ratusan juta lebih. Bahkan untuk motor motor berukuran kecil dalam kondisi bekas kita bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih mura lagi hanya beberapa juta rupiah saja. Harga motor kecil yang relatif lebih murah ini tentunya menarik minat berbagai kalangan untuk membeli motor ini.
  • Lebih Irit Bahan Bakar
    Dengan kapasitan mesin yang lebih kecil tentunya menjadikan motor motor berukuran kecil menjadi lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Sebagai salah satu contohnya adalah konsumsi bahan bakar pada motor mio s yakni  42 kpl (kilo per liter), yang artinya motor mio s ini mampu menempuh jarak hingga 42 kilo meter untuk setiap liter bahan bakar yang dipakai, tentunya hal ini jauh lebih irit jika dibandingkan dengan konsumsi motor motor besar seperti yamaha R25 yang konsumsi bahan bakarnya 23,9 kpl atau 1 liter bahan bakar hanya untuk 23,9 kilometer perjalanan.
  • Lincah dan Gesit Saat Dipakai
    Karena bentuk motornya yang ramping dan tidak terlu besar menjadikan motor jenis ini lincah saat dipakai di jalanan yang sempit. Dengan menggunakan motor motor yang berukuran kecil maka kita tidak akan mengalami kesulitan meskipun keseharian kita melakukan perjalanan melalui gang gang sempit. 
  • Ringan
    Biasanya bobot dari sebuah sepeda motor berbanding lurus dengan ukuran sepeda motor itu sendiri. Jadi untuk motor motor yang ukurannya kecil maka biasanay bobotnya juga relatif lebih ringan. Dengan bobot sepeda motor yang ringan ini menjadikan motor motor berukuran kecil terutama jenis motor matic mudah untuk di kendarai siapa saja baik itu pria maupun wanita. Untuk mootr motor besar sendiri karena bobotnya juga berat maka tentunya akan menyulitkan saat akan dikendarai terutama oleh para wanita.
  • Cocok Untuk Kegiatan Sehari Hari
    Motor motor dengan ukuran kecil ini merupakan sepeda motor yang sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari hari seperti ke kampus, berangkat kerja maupun untukantar jemput anak sekolah.
  • Aksesoris dan Parepart Lebih Murah
    Biasanya aksesoris maupun sparepart dari motor motor kecil harganya lebih murah jika dibandingkan sparepart motor besar. DI samping itu sparepart maupun aksesoris motor kecil bisa dengan mudah kita temui di berbagai toko dan bengkel
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About