Menggunakan Perangkat untuk Logistik demi Kelancaran Bisnis


Perkembangan zaman terutama dalam proses distribusi mengalami peningkatan yang cukup pesat. Distribusi pada awalnya hanya berfokus pada pelayanan konvensional, namun saat ini bisnis distribusi telah menggunakan berbagai platform untuk membantu peningkatan kinerja usaha. Menggunakan perangkat untuk logistik memberikan banyak keuntungan.

Penggunaan platform dapat membantu bisnis logistik terutama armada pengangkutan, sehingga kinerja armada menjadi lebih efektif. Masyarakat Indonesia sendiri mulai perhatian terhadap penggunaan platform pada proses distribusi, sehingga dokumentasi menjadi lebih mudah. Namun, apakah menggunakan perangkat ini dapat memperlancar distribusi? Simak penjelasan di bawah ini.

Alasan Menggunakan Perangkat untuk Logistik

Kemajuan teknologi mempermudah berbagai proses bisnis salah satunya adalah alur logistik, yaitu armada distribusi. Penggunaan platform dalam membantu meningkatkan kinerja dalam proses distribusi adalah langkah yang tepat. Penggunaan perangkat untuk logistik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem manajemen logistik konvensional.

  1. Teknologi Digital dapat Mempercepat Aktivitas Bisnis

Kecanggihan teknologi memberikan dampak yang signifikan pada berbagai aspek logistik, salah satunya adalah manajemen armada. Teknologi berupa perangkat lunak atau software memberikan kemudahan dan kecepatan aktivitas bisnis yang lebih baik, dibandingkan dengan sistem manajemen armada konvensional.

Proses penerimaan informasi mengenai manajemen armada menjadi lebih cepat dan akurat. Anda bisa memasukkan berbagai informasi mengenai armada secara langsung, tanpa harus terkendala dengan kehadiran dari pengemudi atau armada yang digunakan. Anda cukup menggunakan platform berbasis online, sehingga semua data bisa didapatkan dengan cepat.

  1. Transformasi Konvensional Menjadi Digital dalam Bisnis Logistik

Alasan kedua mengapa perlu menggunakan perangkat untuk sistem logistik armada Anda adalah tren teknologi digital yang semakin besar. Transformasi konvensional menjadi teknologi digital memberikan banyak perubahan, mulai dari cara kerja, kecepatan informasi, akurasi data, hingga biaya yang dikeluarkan.

Transformasi ini akan membuat aktivitas armada dan logistik menjadi lebih baru dan mengikuti perkembangan zaman. Transformasi digital ini menjadikan alur logistik dapat diketahui oleh banyak orang baik distributor hingga konsumen. Dengan transformasi digital, setiap orang mampu mengakses sekaligus mendapatkan informasi terbaru mengenai logistik.

  1. Perangkat Teknologi Digital untuk Bisnis Logistik

Teknologi digital yang berkembang dalam bidang distribusi memberikan dampak yang begitu besar terutama memberikan kecepatan dan kelancaran logistik bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, setiap kegiatan dapat berjalan lebih baik dan lebih tepat sasaran.

Selain itu, penggunaan teknologi digital dapat memangkas biaya-biaya yang tidak diperlukan seperti pada logistik konvensional. Pada logistik konvensional, banyak kegiatan logistik yang memberikan pengeluaran yang cukup besar dikarenakan alur yang tidak efisien. Dengan hadirnya perangkat digital, semua pengeluaran dapat dikurangi lebih efisien.

  1. Efisiensi Alur Logistik

Distribusi merupakan segmen yang mementingkan efisiensi dalam prosesnya. Dengan adanya teknologi digital berupa platform online atau perangkat lunak yang digunakan untuk logistik dapat memotong alur logistik yang tidak perlu. Semua alur menjadi lebih pendek dan lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, peningkatan kinerja dapat terjadi dengan membuang alur logistik yang tidak perlu dan menggantinya dengan perangkat digital. Anda cukup memasukkan informasi kepada platform digital yang telah disediakan, semua informasi akan dikumpulkan dan dianalisa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Salah satu situs penyedia kebutuhan bisnis yang terpercaya adalah Bhinneka.com. Anda dapat menemukan berbagai kebutuhan untuk mengembangkan bisnis Anda pada situs ini. Anda juga bisa melakukan pembelian dalam jumlah kecil dan besar, serta mendapatkan diskon untuk beberapa item yang Anda beli melalui Bhinneka.com.

Fitur Fleet Management Service sebagai Perangkat untuk Logistik

Salah satu perangkat digital yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi logistik adalah penggunaan Fleet Management Service. Sistem ini akan membantu Anda untuk menyusun sekaligus merapikan kegiatan distribusi pada bisnis Anda. Aplikasi ini dapat memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan mengenai armada yang Anda miliki.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur utama yang bisa Anda gunakan dan tentu saja dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan bisnis Anda. Berikut ini fitur-fitur yang diberikan oleh aplikasi Fleet Management Service:

  1. Memantau Perilaku Pengemudi untuk Mengurangi Risiko Kecelakaan

Fitur pertama yang diberikan oleh aplikasi ini adalah pemantauan perilaku pengemudi yang bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Pada sistem konvensional, Anda tidak dapat mengetahui bagaimana perilaku para pengemudi selama berkendara dan melaksanakan pengiriman barang.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat memantau bagaimana pengemudi mengendarai kendaraan sesuai SOP atau tidak. Aplikasi ini akan memberikan informasi seperti jarak yang ditempuh, waktu yang dibutuhkan, hingga berapa banyak kendaraan digunakan. Dengan informasi ini, Anda bisa menyusun SOP yang mengikuti pola pekerja.

Keuntungan yang didapatkan adalah Anda bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dengan pemantauan ini. Anda bisa memberikan pelatihan dan perbaikan perilaku, kepada para pengemudi yang memiliki cara berkendara yang tidak sesuai dengan SOP Anda.

  1. Pemantauan Kondisi Kendaraan Secara Real-Time

Fitur kedua yang diberikan adalah pemantauan kondisi kendaraan secara real-time. Fitur ini dapat membantu Anda memahami bagaimana kendaraan digunakan. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kendaraan dari informasi jarak yang ditempuh, berapa banyak bahan bakar yang digunakan, dan jalur berkendara.

Dengan melakukan prediksi berdasarkan data-data tersebut, Anda dapat merumuskan kondisi kendaraan yang digunakan, sehingga pengaturan jadwal kontrol dan servis menjadi lebih teratur. Anda tidak akan kecolongan dengan kondisi kendaraan yang tidak baik dan merugikan bisnis.

  1. Pemantauan Jalur Perjalanan Kendaraan

Fitur ketiga yang diberikan oleh aplikasi ini adalah pemantauan jalur perjalanan kendaraan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melihat jalur-jalur yang dilewati oleh para pengemudi, sehingga dapat memastikan bahwa barang yang dibawa oleh para pengemudi Anda bisa sampai dengan tepat.

Pemantauan jalur perjalanan armada juga berguna untuk menentukan kondisi kendaraan dan pengaturan jadwal servis rutin. Dengan memperhatikan informasi jalur yang diambil dan frekuensi penggunaan kendaraan, Anda bisa memutuskan untuk melakukan servis rutin segera atau tidak.

  1. Optimalisasi Pengiriman kepada Konsumen

Fitur yang keempat adalah optimalisasi pengiriman kepada konsumen. Sistem ini akan memberikan laporan beserta analisa bulanan dan mingguan kepada Anda. Dengan informasi yang diberikan ini, Anda dapat mengatur strategi untuk optimalisasi pengiriman kepada konsumen.

Anda bisa merumuskan kendaraan dan pengemudi yang dapat mengantarkan barang dengan tepat waktu, tanpa ada kerusakan pada kendaraan atau barang yang diantar. Optimalisasi juga dapat dilakukan dengan memperhatikan jarak tempuh, dan jumlah bahan bakar yang digunakan pada kendaraan.

Hubungan jarak tempuh dengan penggunaan bahan bakar dapat memberikan informasi mengenai penggunaan bahan bakar. Dengan begitu, Anda bisa memberikan arahan untuk pengisian bahan bakar di lokasi tertentu, sehingga waktu yang dihabiskan dalam mengantarkan barang menjadi lebih singkat.

Perangkat digital untuk logistik memberikan banyak keuntungan dan fitur yang menarik. Fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja yang selama ini menjadi masalah utama dalam alur logistik. Beralih menggunakan perangkat digital adalah langkah yang paling tepat dan cermat serta tetap mengikuti tren teknologi yang ada.


Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About