Tips Mudik Lebaran Tetap Aman Saat Pandemi

Tak terasa dalam waktu dua bulan lagi kita akan segera memasuki bulan suci ramadhan yang kemudian disusul dengan Idul fitri. Dan ramadhan serta lebaran ini bagi sebagian orang Indonesia seringkali identik dengan kegiatan mudik atau pulang ke kampung halamannya masing masing. Tradisi mudik saat lebaran ini sudah berlangsung sejak berpuluh tahun yang lalu dan hampir setiap tahun dilakukan oleh jutaan orang di Indonesia (pengecualian untuk tahun 2020 karena ada larangan mudik dari pemerintah).


Dan di Lebaran 2021 ini karena pemerintah melalui menteri perhubungan sudah menyatakan tidak ada larangan untuk mudik maka kemungkinan jumlah orang yang mudik akan cukup banyak. Bahkan mungkin beberapa diantara kita juga akan mudik ke kampung masing masing untuk melepas rindu dan bertemu keluarga.


Akan tetapi karena saat Lebaran 2021 ini kemungkinan pandemi belum berakhir maka jika kita memutuskan untuk mudik kita perlu lebih berhati hati agar jangan sampai perjalanan mudik ini justru merugikan kita atau orang lain. Diantara bentuk kehati hatian kita saat mudik lebaran kala pandemi ini diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Pastikan kondisi tubuh sehat

Hal utama yang perlu kita lakukan demi kehati hatian saat akan mudik adalah dengan memastikan bahwa kondisi tubuh kita sehat dan fit. Karena dengan tubuh yang fit ini sistem imun juga akan menjadi lebih kuat.

Pastikan juga sebelum perjalanan mudik kita bebas dari covid. Untuk mengetahuinya kita tentunya perlu melakukan test entah itu antigen, PCR ataupun yang lainnya sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan pemerintah. Dan jika memang kita benar benar negatif barulah kita bisa mudik dengan lebih tenang. Pastikan juga untuk perjalanan mudik ini kita memenuhi persyaratan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah misalnya saja jika diharuskan ada surat keterangan maka kita juga perlu melengkapinya.


2. Pilih Sarana Transportasi yang Tepat

Hal lain yang perlu kita lakukan saat mudik di waktu pandemi seperti saat ini adalah dengan memilih sarana transportasi yang sesuai. Sebagai contoh jika kita mudik menggunakan jalur darat maka kita bisa memilih menggunakan bus ataupun kereta api yang telah mematuhi standar protokol kesehatan yang berlaku. Atau jika memungkinkan kita bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa mobil sendiri untuk mudik. Dengan kendaraan pribadi ini tentunya peluang kita untuk kontak dengan orang yang positif covid bisa lebih diminimalisir.

Dan saat ingin memesan tiket kendaraan tersebut untuk menghindari kerumunan maka sebaiknya melakukan pemesanan secara online. Toh saat ini sudah banyak aplikasi maupun website yang menyediakan layanan tersebut seperti traveloka misalnya.


3. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Selama dalam Perjalanan 

Langkah lain yang sangat perlu dilakukan untuk menghindari penularan covid selama dalam perjalanan mudik ini adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Misalnya saja dengan tetap menggunakan masker dengan baik dan benar selama dalam perjalanan, melakukan social distancing dengan penumpang lain jika memang menggunakan kendaraan umum, mencuci tangan menggunakan sabun ( atau jika hal tersebut tidak memungkinkan kita bisa menggunakan hand sanitizer), usahakan untuk tidak sering menyentuh wajah, mata dan hidung karena bisa saja droplet masuk lewat sana.

Jika diperlukan kita juga bisa membawa bekal berupa makanan, obat obatan maupun vitamin sendiri. Sehingga kebutuhan kita akan nutrisi selama dalam perjalanan tetap bisa terjaga tanpa harus sering sering kontak dengan banyak orang selama dalam perjalanan.



Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About