Inilah Tempat Tempat Wisata Populer di Gunung Kidul

Pemandangan Pantai Timang dan Pulau Panjang
Gunung Kidul mungkin saja dianggap sebagai salah satu daerah terpencil di Yogyakarta. Akan tetapi meski lokasinya cukup terpencil Gunung Kidul menyimpan cukup banyak potensi terutama di bidang pariwisata. Hal ini bisa kita lihat dari cukup banyaknya objek wisata yang ada di daerah ini.

Banyaknya objek wisata ini tentunya sedikit banyak mengubah kondisi perekonomian orang di daerah ini. Dengan semakin banyak tempat wisata tentunya semakin banyak juga fasilitas wisata seperti hotel maupun jenis penginapan lainnya yang dibangun di Gunung Kidul. Dan tentunya hal ini juga menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Adapun objek wisata yang berada di Gunung Kidul umumnya adalah berupa objek wisata alam. Baik itu berupa goa, gunung, hutan , maupun pantai. Beberapa objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul tersebut antara lain adalah sebagai berikut : 

Pantai Baron
Pantai Baron adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di Gunung Kidul tepatnya di Kemadang Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini termasuk pantai yang cukup unik dengan cekungan yang membentuk huruf U jika dilihat dari atas. Keunikan lain dari pantai yang terletak 40 KM dari pusat kota yogyakarta ini adalah adanya aliran sungai bawah tanah yang mengalir dengan deras ke arah laut namun airnya tawar tidak asin. Di pantai baron kita bisa melihat keindahan laut dan pantainya dari atas bukit yang ada di sekitar pantai ini. Kita juga bisa membeli aneka cinderamata yang dijual di sana. Cinderamata ini umumnya berupa barang barang kerajinan yang terbuat dari kerang laut. 

Goa Jomblang
Objek wisata berupa goa termasuk cukup banyak di Gunung Kidul. Dan salah satu yang paling terkenal adalah Gua Jomblang. Goa yang terletak di Pacarejo Kecamatan Semanu ini cukup unik karena goanya berupa goa vertikal. Karena berupa goa vertikal yang menyerupai sumur in cukup banyak orang yang menyebut goa jomblang sebagai luweng jomblang. Di Jombalng kita bisa melakukan caving (susur goa) sambil menikmati keindahan yang pemandangan eksotis yang ada di sana. Tentunya untuk melakukan penjelajahan goa ini kita harus didampingi pemandu yang sudah berpengalaman serta menggunakan peralatan caving dan keamanan yang tepat.

Gunung Api Purba Nglanggeran
Bagi para pemburu momen sunrise mungkin gunung api purba nglanggeran yang berada 700 mdpl bisa jadi salah satu spot yang cukup tepat. Di sini kita bisa mendirikan tenda/ camping di camping ground yang sudah tersedia. Dari camping ground ini kita bisa melihat pemandangan indah di sekitar termasuk juga pemandangan puncak lima jari. Sesuai dengan namanya gunung api purba ini terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Dan di Desa Nglanggeran tak hanya gunung api purba saja objek wisatanya melainkan juga ada embung nglanggeran, serta air terjun kedung kandang. Di desa ini kita juga bisa dengan mudah menemukan penginapan berupa homestay. 

Pantai Timang
Selaon Baron, Gunung Kidul juga mempunyai pantai lain yang tak kalah menariknya yakni Pantai Timang. Pantai ini selain menyajikan pemandangan laut berupa hamparan pasir putih serta ombak tinggi yang dipecah batuan karang juga menyajikan beberapa hal menarik lainnya. Misalnya saja adanya kereta gantung dan jembatan gantung yang bisa kita gunakan untuk melihat ganasnya ombak yang ada di sana. Kita bisa menaiki kereta gantung ini untuk menuju watu timang yang terletak di seberang pantai.

Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About