Menyikap Masa Pubertas Bagi Anak dan Orang Tua


 Pubertas, mungkin istilah ini sudah sering kita dengar dan bahkan kita sendiri pun sudah pernah mengalaminya. Lalu apa itu pubertas sebenarnya? Masa pubertas adalah salah satu fase yang dialami oleh manusia. Masa pubertas ini bisa dibilang adalah masa transisi dari yang tadinya anak anak menjadi dewasa. Saat seseorang memasuki masa pubertas maka akan ada perubahan pada dirinya. Baik itu secara fisik maupun secara psikis.


Perubahan ini terjadi baik pada pria maupun wanita. Dan jenis perubahan yang dialami baik oleh remaja pria dan wanita ini antara lain adalah bertambahnya tinggi badan dimana biasanya pria akan lebih cepat bertambah tinggi dibandingkan wanita pada masa pubertas ini.  serta menjadi lebih mudah berkeringat, serta mulai tumbuhnya jerawat. Tumbuhnya rambut rambut / bulu halus di sekitar kemaluan biasanya juga terjadi ketika seseorang memasuki masa pubertas.


Selain perubahan yang sama sama dialami ada juga perubahan yang hanya dialami oleh salah satu gender saja. Pada remaja pria yang sedang mengalami pubertas perubahan yang terjadi biasanya adalah suara yang berubah menjadi lebih berat. Perubahan suara ini bisa terjadi karena membesarnya organ laring yang ada pada pita suara. Selain perubahan suara perubahan lain yang terjadi pada remaja pria yakni mulai tumbuhnya jakun atau kotak suara yang akan menonjol di leher. Saat memasuki masa pubertas otot seorang remaja laki laki juga biasanya akan mulai berkembag. Hal ini karena adanya pengaruh dari hormon estrogen dan progesteron yang ada pada tubuh manusia. 


Sedangkan pada remaja perempuan yang mengalami masa pubertas perubahan yang dialami juga cukup banyak. Salah satu yang menjadi pertanda adalah mulai mengalami menstruasi. Menstruasi ini biasa terjadi pada remaja perempuan mulai  usia 12 tahun atau bahkan ada yang lebih cepat. Sedangkan untuk perubahan fisik yang berupa perubahan bentuk tubuh pada wanita yang masuk masa menstruasi adalah mulai tumbuhnya payudara serta pinggul yang membesar. Kedua perubahan ini terjadi karena adanya hormon estrogen. 


Selain perubahan fisik pada perempuan yang sedang memasuki masa pubertas biasanya juga terjadi perubahan lain. Misalnya mereka sering mengalami perubahan mood dalam waktu cepat atau mood swing terutama ketika sedang mengalami menstruasi. Hal ini sering disebut sebagai PMS


Menyikapi Masa Pubertas


Perubahan yang terjadi secara drastis pada masa pubertas baik itu yang berupa perubahan fisik maupun non fisik tentu saja harus disikapi dan dihadapi dengan bijak oleh remaja itu sendiri maupun orang tua dari remaja tersebut. 


Untuk remaja yang sedang memasuki masa pubertas sebaiknya menghadapi perubahan perubahan yang terjadi ini dengan tetap tenang dan tidak bingung. Mereka bisa mencari literasi literasi yang terkait dengan perubahan yang mereka alami atau bertanya kepada orang tua tentang perubahan perubahan yang sedang mereka alami   dan yang tidak kalah pentingnya mereka juga tetap harus menerapkan gaya hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi seimbang, istirahat yang cukup serta berolahraga secara teratur. Karena gaya  hidup sehat ini akan bisa mempengaruhi mereka di masa masa selanjutnya.


Sedangkan untuk orang tua tindakan yang tepat untuk menyikapi anaknya yang mulai memasuki masa pubertas adalah dengan tetap mendampinginya. Berikan bimbingan tentang apa yang sedang mereka alami. Dampingi dan pantau juga mereka agar masa pubertas mereka ini tidak disalahgunakan untuk melakukan hal hal yang negatif.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger