Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Penyakit Jantung


 Kesalahan dalam memilih jenis makanan bisa jadi merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan pada tubuh. Ada cukup banyak jenis penyakit yang timbul gara gara pola makan yang sembarangan. Salah satu contohnya adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada jantung seseorang seringkali diakibatkan pola makan yang tidak tepat. 


Padahal kita tahu sendiri bahwa penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit mematikan di dunia saat ini. Bahkan di Indonesia penyakit jantung sempat menjadi urutan teratas penyebab kematian.


Oleh karena itu sangat penting  bagi kita untuk senantiasa menjaga pola makan jika memang ingin menjaga kesehatan jantung kita. Dan salah satu contoh penerapan pola makan yang tepat ini adalah dengan menghindari jenis jenis makanan tertentu yang bisa berpotensi menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung. Beberapa jenis makanan yang perlu kita hindari tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


Jeroan

Bagi sebagian orang mengonsumsi jeroan mungkin saja kelihatan enak akan tetapi jika kita ingin menjaga kesehatan jantung maka jeroan menjadi salah satu jenis makanan yang perlu untuk kita hindari. Hal ini karena  jeroan umumnya mengandung lemak jahat LDL (low density lipoprotein) yang berpotensi menyumbat pembuluh darah yang menuju ke jantung sehingga terjadi penyakit jantung koroner.  


Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga termasuk salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Hal ini karena umumnya makanan cepat saji yang ada saat ini memiliki kandungan lemak dalam jumlah yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja umumnya makanan jenis ini juga memiliki kalori sangat tinggi yang bisa memicu terjadinya obesitas yang berdampak buruk untuk tubuh.  


Makanan / Minuman dengan Kandungan Gula Tinggi 

Selain memicu timbulnya diabetes makanan dengan kandungan zat gula tinggi juga bisa meningkatkan potensi serangan jantung. Hal ini karena kandungan gula tinggi ini bisa memicu liver mensintesis lebih banyak kolesterol LDL yang jadi pemicu penyakit jantung. 


Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Kandungan garam yang tinggi dalam sebuah makanan bisa menyebabkan naiknya tekanan darah. Dan pada kondisi tertentu, tekanan darah tinggi ini bisa berpotensi meretakkan kerak (plak) di pembuluh darah koroner. Serpihan-serpihan yang terlepas ini bisa menyumbat aliran darah sehingga terjadilah serangan jantung.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger