Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemilihan Rumput Sintetis Untuk Berbagai Keperluan

 Penggunaan rumput sintetis saat ini sudah semakin banyak dilakukan. Tak hanya untuk keperluan olahraga seperti sepakbola dan futsal saja, rumput sintetis juga banyak dipakai untuk keperluan lainnya misalnya sebagai rumput taman ataubahkan untuk lantai rumah.


Banyaknya orang yang lebih memilih menggunakan rumput sintetis dibandingkan rumput asli atau jenis rumput lainnya tentu saja bukan tanpa alasan. Beberapa kelebihan yang dimiliki rumput sintetis dibanding jenis rumput lain merupakan salah satu sebabnya.

Salah satu kelebihan dari rumput sintetis adalah perawatannya yang relatif lebih mudah dan murah dibandingkan rumput asli. Kita tak perlu menyiram, memangkas ataupun beberapa jenis perawatan lainnya. 

Tidak hanya itu saja rumput sintetis juga lebih tahan terhadap perubahan cuaca. Tidak seperti rumput asli yang bisa mati dan mengering jika kepanasan berlebih saat musim kemarau atau tumbuh terlalu lebat saat musim penghujan, rumput sintetis akan tetap begitu saja.

Namun bukan berarti saat kita akan menggunakan rumput sintetis bisa kita lakukan dengan sembarangan saja. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan menggunakan produk rumput sintetis agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Adapun beberapa hal yang perlu kita perhatikan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Jenis Rumput Sintetis dan Tujuan Penggunaan

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan rumput sintetis adalah tujuan penggunaan rumput tersebut. Meski sama sama rumput sintetis, rumput untuk keperluan taman dan untuk keperluan lapangan olahraga tentu saja berbeda. Perbedaan itu baik dari segi tampilan, ketinggian rumput maupun harganya.

Untuk jenis rumput sintetis yang tersedia di pasaran sendiri saat ini sudah sangat beragam. Namun setidaknya ada 3 jenis yang cukup populer, yakni rumput sintetis swiss, jepang dan golf. Rumput sintetis swiss cocok untuk lapangan futsal maupun sebagai rumput taman baik indoor maupun outdoor, rumput sintetis jepang yang memiliki tekstur lembut cocok sebagai rumput dekorasi di taman karena rumput sintetis jenis ini memiliki kemiripan paling banyak dengan rumput asli. Sedangkan rumput golf sesuai dengan namanya maka cocok digunakan untuk rumput lapangan golf karena tingginya yang hanya 10mm saja. Dengan tinggi segitu bola golf akan lebih mudah meluncur.

Bahan Rumput Sintetis

Hal selanjutnya yang harus jadi perhatian dalam pemilihan rumput sintetis adalah dari segi bahan yang dipakai. Tak hanya harus memilih bahan yang tahan lama dan cocok dengan penggunaanya saja, kita juga harus memastikan bahan tersebut aman dan tidak mencelakai penggunanya. Rumput dengan bahan yang licin tentu saja berbahaya dan perlu untuk kita hindari. Demikian juga rumput yang bahan pembuatannya mengandung zat berbahaya seperti zat karsinogen dan zat zat beracun lainnya juga harus kita hindari. Ada baiknya kita memilih jenis rumput sintetis yang sudah memiliki lisensi dan memenuhi standar tertentu, misalnya saja SNI atau yang sejenisnya.

Kualitas Rumput

Hal penting lainnya yang perlu jadi pertimbangan dalam memilih rumput sintetis adalah soal kualitas rumput tersebut. Dalam penilaian kualitas ini yang perlu kita perhatikan misalnya saja soal daya tahan rumput, tekstur yang tidak kaku, warna tidak mudah pudar dan lain sebagainya.

Harga

Saat membeli apapun termasuk juga rumput sintetis faktor harga jelas jadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Pastikan membeli rumput sintetis dengan harga yang setara dengan kualitasnya. Dan pastikan harga tersebut masih dalam jangkauan budget kita.

Tempat Beli

Untuk bisa mendapatkan rumput sintetis dengan kualitas bagus dan harga yang kompetitif maka tempat pembelian juga harus kita perhatikan. Pastikan membelinya di tempat yang terpercaya baik itu online maupun offline.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger