5 Gaya Hidup Sehat yang Bantu Turunkan Risiko Kanker Payudara

sumber gambar: https://promkes.kemkes.go.id/8-langkah-menuju-pola-hidup-sehat

 Kanker payudara disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya pola hidup yang tidak sehat. Untuk menurunkan risiko terkena kanker, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat juga membantu mengurangi risiko kekambuhan kanker. Berikut ini 3 gaya hidup sehat yang tak boleh Sahabat MammaSIP tinggalkan.


1. Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang dan Berbahan Alami

Makanan yang dikonsumsi setiap harinya harus Sahabat MammaSIP perhatikan dengan baik. Untuk menjaga kesehatan payudara, pilihlah makanan yang bergizi seimbang dan berbahan alami. Tambahkan sayur dan buah-buahan ke dalam menu harian MammaSIP.


Selain itu, cukupkan kebutuhan semua jenis mikronutrien dan kurangi makanan dengan zat aditif, makanan instan, serta yang mengandung bahan pengawet. Lebih lanjut, hindari makanan yang mengandung zat karsinogenik agar kesehatan tubuh terjaga.


2. Olahraga Secara Rutin untuk Menurunkan Risiko Kanker

Olahraga berintensitas sedang selama 150 menit per minggu dapat menurunkan risiko kanker. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Selain olahraga, jagalah berat badan agar tetap ideal untuk mengurangi risiko kekambuhan kanker. 


3. Berhenti Merokok 

Perokok aktif maupun pasif sama-sama berisiko terkena kanker. Begitupun dengan rokok elektronik atau VAPE juga memberi risiko yang sama. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok menjadi pemicu kanker payudara dan jenis lainnya. Sebab itu, berhentilah merokok agar tubuh lebih sehat. 


4. Hindari Alkohol

Selain rokok, alkohol juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kanker. Jika ingin memiliki payudara sehat, maka hindari minuman beralkohol. Tak hanya kanker, alkohol juga bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya, seperti gangguan jantung, kerusakan saraf, dan sebagainya.


5. Istirahat yang Berkualitas Menurunkan Risiko Kanker

Gaya hidup sehat berikutnya yang perlu diterapkan adalah beristirahat dengan cukup. Tidur yang berkualitas akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, tidur yang berkualitas juga membantu mengurangi inflamasi pada tubuh, sehingga menurunkan risiko kanker.

Demikian tadi lima gaya hidup sehat yang perlu Sahabat MammaSIP terapkan sehari-hari. Yuk, lebih sayangi diri sendiri sebelum semuanya terlambat. 

Source:

https://mammasip.com/ruangpenyintas 

https://mammasip.com/ruangumum 

 


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger