Anies Baswedan : Perlunya Penerapan Inklusivitas Berkaca dari Buku Why Nations Fail


Buku why nations fail adalah salah satu buku yang menarik untuk dibahas dari berbagai sudut pandang. Buku yang dikarang oleh Daron Acemoglu dan James A. Robinson ini membahas berbagai hal yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan sebuah negara. Dan salah satu hal vital yang mempengaruhi hal tersebut adalah inklusivitas terutama dalam bidang ekonomi dan politik.

Sejalan dengan isi dari buku tersebut dalam sebuah kesempatan anies baswedan menyampaikan bahwa jika bangsa ini ingin maju dan sejahtera maka soal inklusivitas ini tidak boleh diabaikan.

Dalam bidang ekonomi salah satu bentuk inklusivitas ini misalnya adalah pemberian kesempatan untuk semua lapisan masyarakat untuk bisa memperoleh kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi. Adanya bantuan untuk UMKM dalam bidang pendanaan, pelatihan ataupun pemasaran bisa menjadi bentuk untuk meningkatkan inklusivitas ekonomi ini. Dengan adanya inklusivitas ekonomi maka roda perekonomian negara tidak hanya akan dikuasai segelintir atau beberapa golongan saja namun oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan begitu kesejahteraan akan meningkat, tingkat ekonomi masyarakat akan naik yang tentunya berbanding lurus dengan tingkat kesehatan dan pendidikan masyarakat.

Penerapan lain inklusivitas adalah dalam bidang politik. Mungkin saja selama ini praktik politik di Indonesia masih menganut pola pikir lama yakni hanya untuk segelintir orang saja yang memiliki kekuasaan. Padahal jika kita merunut lebih jauh seharusnya setiap orang berhak untuk menyampaikan gagasan, pandangan ataupun pendapatnya termasuk juga dalam hal politik.

Adanya inklusivitas politik ini akan bisa mendorong partisipasi publik dalam mendukung jalannya pemerintahan. Akan banyak ide baru yang inovatif muncul dengan adanya inklusivitas politik ini.

Tentu saja masih menurut Anies untuk menuju inklusivitas ekonomi dan politik ini perlu proses yang panjang. Dan salah satu upaya untuk mengawalinya adalah dengan adanya kolaborasi dan tindakan kolektif. Setiap elemen masyarakat entah itu pemerintah, organisasi masyarakat, swasta, maupun yang lainnya perlu kerjasama dan bermitra untuk mencapai tujuan tadi. Dengan diakomodasinya seluruh elemen masyarakat tadi maka akan bisa menciptakan negara yang sejahtera dan berkeadilan karena semua merasa turut dilibatkan dalam hal ekonomi, politik maupun bidang bidang lainnya.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger