Tips Membeli Tali Tambang yang Tepat Untuk Berbagai Kebutuhan


Dewasa ini tali tambang menjadi salah satu benda yang sering dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan. Karena itu memilih  tali tambang yang tepat untuk berbagai jenis kegiatan yang akan kita lakukan adalah hal yang cukup krusial. Sebab dengan tali yang tepat pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk itu saat akan memilih tali tambang ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan agar nantinya tali tersebut bisa lebih optimal untuk digunakan. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih dan membeli tali tambang ini antara lain adalah sebagai berikut:

Jenis Tali Tambang

Berbeda jenis pekerjaan tentu saja berbeda juga jenis bahan tali tambang yang dipakai. Hal ini karena masing masing bahan tali tambag memiliki karakteristik yang berbeda beda. Sebagai contoh tali manila memiliki karakteristik tidak mudah meleleh, fleksibel , tidak tahan terhadap sinar uv serta kekuatan bisa terpengaruh jika kena air. Tali nilon memiliki sifat fleksibel dan kuat serta tahan terhadap air dan beberapa jenis zat kimia sementara kelemahannya adalah mudah tenggelam di dalam air serta bisa meleleh ketika terkena panas dalam suhu tertentu. Ada juga tali plastik PE yang ringan dan lentur serta bisa mengambang dalam permukaan air namun memiliki kelemahan yakni akan meleleh pada suhu 135 derajat.

Dari karakteristik yang ada pada masing masing tali ini kita bisa menentukan mana yang cocok untuk jenis pekerjaan kita. Sebagai contoh tali manila cocok untuk jenis pekerjana kehutanan, perkayuan dan yang sejenisnya, tali tambang nilon cocok untuk tali katrol serta tali plastik bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti jemuran dan yang sejenisnya.

Ukuran

Hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan saat akan memilih tali tambang adalah soal ukurannya. Tentu saja semakin besar beban yang nantinya akan ditarik menggunakan tali tambang semakin besar ukuran tali tambang yang kita butuhkan.

Kualitas Tali Tambang

Agar tali tambang yang kita gunakan bisa awet dan tahan lama maka perlu memilih tali yang memiliki kualitas bagus. Tali tersebut harus memiliki nilai regangan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kita. Dan ada baiknya juga perlu memilih tali tambang dari brand yang sudah terstandarisasi.

Disamping itu perlu juga untuk membelinya di tempat yang tepat. Karena tempat beli ini sedikit banyak juga akan mempengaruhi apa yang kita dapatkan. Untuk tambang berkualitas pastikan membelinya di tempat terpercaya seperti di Mega Jaya misalnya.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger