Mau Ganti Ban Traktor? Perhatikan Hal Hal Berikut Ini


Traktor merupakan salah satu alat yang digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan traksi tinggi namun kecepatan rendah. Traktor ini banyak ditemui dan digunakan di berbagai bidang seperti pertanian, konstruksi dan berbagai jenis industri lainnya.

Di bidang pertanian traktor digunakan untuk keperluan membajak, mengolah tanah hingga untuk keperluan memanen. Sedangkan di bidang konstruksi traktor biasanya digunakan untuk melakukan tugas seperti penggalian, pemindahan tanah, penggalian parit, pemadatan tanah, dan pekerjaan berat lainnya. Traktor ini juga bisa dipakai bersamaan dengan alat lainnya seperti dengan bulldozer misalnya.


Sebagai alat berat yang bergerak maka salah satu bagian vital pada traktor adalah rodanya. Keberadaan roda ini sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah traktor. Hal ini karena pada sebuah traktor roda mempunyai banyak fungsi.


Salah satunya yakni roda atau ban traktor memberikan traksi atau cengkeraman yang diperlukan untuk menggerakkan traktor di atas permukaan tanah. Tapak ban yang dirancang khusus dengan pola pengereman dan tapak yang dalam membantu ban untuk menempel pada tanah, memungkinkan traktor untuk bergerak maju, mundur, dan berbelok dengan baik.


Tak hanya itu saja ban traktor juga berfungsi untuk menjaga stabilitas dari traktor ketika dioperasikan. Ban yang lebar dan kuat membantu menjaga keseimbangan traktor saat bekerja di medan yang tidak rata atau condong.


Ban traktor juga berfungsi sebagai penyerap guncangan atau getaran saat traktor bergerak di medan yang tidak rata atau kasar. Ban yang elastis dan sistem suspensi yang efektif dapat membantu mengurangi dampak guncangan pada traktor dan memberikan kenyamanan bagi pengemudi.


Karena demikian pentingnya fungsi ban traktor ini maka ketika terjadi sedikit saja gangguan atau kerusakan pada ban traktor akan langsung mempengaruhi kinerja dari traktor tersebut. Bahkan jika gangguan atau kerusakan pada ban traktor ini sudah cukup parah bisa saja berakibat fatal baik untuk traktor tersebut maupun bagi pengemudinya.


Untuk itu sebagai pemilik traktor kita perlu memperhatikan soal perawatan dan pemeliharaan traktor termasuk juga ban bannya. Jika memang sudah tidak layak pakai ban harus segera diganti.


Dan dalam penggantian ban traktor ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan maupun penggantian ban traktor. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gantilah ban dengan ban yang sama baik dari segi ukuran maupun jenis ban. Saat ini ada beberapa jenis ban traktor yang tersedia di pasaran yakni ban traktor jenis lug, bias lapis, radial serta turf. Masing masing jenis ban ini memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Gantilah ban traktor dengan jenis yang sesuai dengan penggunaan. Untuk mudahnya ganti saja ban traktor dengan jenis dan ukuran yang sama dengan ban yang lama.

  • Ganti ban traktor dengan ban baru. Meski harga ban traktor bekas cukup menggoda akan tetapi demi kenyamanan dan keamanan sebaiknya ganti ban dengan ban yang baru. Harga ban traktor yang baru mungkin sedikit lebih mahal akan tetapi lebih aman dan nyaman saat dipakai. Selain itu masa pakai ban baru akan lebih lama dibandingkan ban bekas.

  • Beli di tempat yang tepat. Agar bisa mendapatkan ban traktor dengan kualitas terbaik bukan yang abal abal maka pastikan membeli di tempat terpercaya. Salah tempat jual ban traktor yang cukup direkomendasikan adalah di Indo Autozone. Di sini kita bisa mendapatkan ban traktor dari berbagai jenis dan ukuran. Merk ban ban traktor ternama seperti bridgestone, michelin serta goodyear tersedia disini dengan harga yang kompetitif.

  • Gantilah ban traktor sesuai prosedur. Sebaiknya penggantian ban traktor dilakukan oleh mereka yang memang sudah ahli dan terbiasa dalam penggantian ban. Hal ini selain bisa lebih menghemat waktu juga akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan traktor saat dipakai nantinya.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger