Optimasi SEO untuk Meningkatkan Trafik Website E Commerce


e commerce belakangan ini bisa dibilang semakin ketat. Untuk itu sebagai salah satu pemilik e commerce agar kita tetap bisa bertahan dan mendapatkan pelanggan maka menjaring visitor tertarget ke website kita adalah suatu keharusan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan pengunjung tertarget ke website e commerce kita, baik itu cara berbayar maupun organik. 

Dan salah satu cara yang terbukti efektif adalah dengan melakukan optimasi SEO pada website e commerce  yang kita miliki.

Optimasi SEO sendiri adalah serangkaian upaya yang kita lakukan meningkatkan peringkat website Anda di halaman hasil mesin pencari, seperti Google, Bing dan yang sejenisnya. 

Ketika website kita muncul di posisi teratas dalam hasil pencarian, kemungkinan lebih besar bagi pengguna untuk mengunjungi website ecommerce kita. Dengan demikian, dengan memaksimalkan SEO, kita dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan potensial penjualan di website e-commerce yang kita miliki.

Adapun beberapa upaya optimasi SEO yang bisa kita lakukan pada website ecommerce antara lain adalah sebagai berikut:

Riset Keyword

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan optimasi SEO untuk sebuah website adalah dengan melakukan riset terhadap keyword atau kata kunci terkait dengan produk yang akan kita pasarkan. Dengan riset keyword ini kita akan tahu berapa sih jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut tiap bulannya, bagaimana tingkat persaingannya apakah sulit atau mudah, banyak sedikitnya jumlah kompetitor yang menargetkan kata kunci serupa serta bagaimana peluang kita untuk bisa merangking di keyword tersebut. Untuk kita yang memang memiliki sumber daya terbatas tentu sebaiknya jangan memaksakan diri untuk bersaing di keyword dengan tingkat persaingan tinggi. Ada baiknya mencari yang tingkat persaingannya rendah dengan volume pencarian tinggi.

Optimasi On Page

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan setelah mendapatkan keyword yang akan kita gunakan adalah dengan melakukan sejumlah optimasi on page atau optimasi pada halaman website ecommerce itu sendiri. Beberapa optimasi on page yang perlu dilakukan diantaranya adalah:

Optimasi Judul Halaman Produk

Judul halaman (title tag) merupakan salah satu hal yang penting dalam optimasi SEO. Pastikan setiap halaman memiliki judul yang menarik, mengandung kata kunci yang relevan, dan tidak terlalu panjang. Judul halaman yang baik akan memberikan gambaran singkat tentang isi halaman dan mendorong pengguna untuk mengklik tautan Anda di hasil pencarian. Sebaiknya letakkan kata kunci yang paling penting di awal judul.

Buat Meta Deskripsi yang Menggoda

Meta description adalah ringkasan singkat tentang isi halaman yang muncul di bawah judul halaman dalam hasil pencarian. Gunakan meta description untuk menjelaskan dengan jelas apa yang ditawarkan oleh halaman kita dan menggoda pengguna untuk mengunjungi website Anda. Pastikan meta description ini mengandung kata kunci yang relevan dan tidak terlalu panjang (sekitar 150-160 karakter).

Optimasi Konten Produk Anda

Untuk optimasi ini tak hanya optimasi terhadap konten yang berbentuk tulisan saja tetapi juga perlu untuk optimasi terhadap gambar produk. Untuk isi konten sebaiknya tidak bertele tele dan mudah dipahami. Isi konten bisa berupa penjelasan tentang produk baik itu fungsi maupun kelebihan serta cara penggunaan.

Sedangkan untuk optimasi gambar bisa dilakukan dengan cara memberikan nama file yang deskriptif dengan kata kunci yang relevan pada gambar yang kita upload. Gunakan atribut "alt" pada tag gambar untuk memberikan deskripsi tentang gambar, sehingga membantu mesin pencari memahami konten gambar kita.

Pastikan juga ukuran gambar tidak kebesaran serta menggunakan jenis file yang tepat sehingga bisa mempercepat loading website nantinya. Dan perlu diketahui juga kecepatan website ini juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SEO sebuah website.

Untuk kita yang menggunakan e commerce platform plugostore optimasi SEO on page ini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini karena PlugoStore menyediakan fitur SEO, yang terdiri dari favicon website, judul website, kata kunci, dan deskripsi meta.


Untuk mengisi fitur SEO, kita bisa buka dan login PlugoStore -> klik Pengaturan -> di bawah Manajemen Toko, klik Domain & SEO.

Optimasi Off Page

Terkadang optimasi on page yang kita lakukan di website e commerce yang kita miliki belum cukup untuk menaikkan peringkat website kita di mesin pencari. Untuk itu terkadang optimasi off page perlu juga dilakukan. Beberapa cara optimasi off page ini misalnya dengan melakukan guest post di sejumlah website, melakukan press release ke media online dan lain sebagainya.

Dengan beberapa optimasi SEO di atas diharapkan peringkat website kita bisa naik ke halaman awal mesin pencari dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tentu saja untuk mencapai hal ini kita juga perlu memperhatikan guidelines dari google agar tetap aman dalam optimasi SEO.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger