LAPTOP MURAH 1 JUTAAN

Mau Membuat Sendiri Jajanan Anak Paling Hits ? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

jajanan anak paling hits

Semakin banyak dan beragamnya jajanan anak paling hits yang ada di pasaran saat ini tentunya harus disikapi secara bijak oleh orang tua. Hal ini karena tidak semua jajanan yang ada dan dijual di berbagai tempat tersebut terjamin kebersihan dan kesehatannya. Sehingga tidak ada salahnya jika kemudian orang tua lebih memilih untuk membuat sendiri jajanan anak mereka dibandingkan harus membelinya di luaran. karena paling tidak dengan membuat sendiri jajanan tersebut orang tua tidak khawatir lagi dengan keamanan dari jajana anak tersebut.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya orang tua perhatikan sebelum sebelum mereka  membuat sendiri  jajanan untuk anaknya. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :
  • Kandungan Gizi Bahan Jajanan
  • Saat membuat jajanan ini kita harus memperhatikan bahan bahan apa saja yang dipakai. Bahan bahan ini hendaknya dipilih yang memang memiliki nilai gizi yang seimbang sehingga bisa memberi manfaat untuk tumbuh kembang anak. Beberapa zat gizi yang dibutuhkan olehanak yang sedang dalam masa pertumbuhan ini  diantaranya adalah aneka vitamin, kalsium, protein dan lain sebagainya.
    Selain itu dalam membuat jajanan untuk anak ini ada baiknya jika menghindari penggunaan zat zat yang tidak baik seperti pewarna makanan buatan, pengawet dan penyedap rasa yang berlebihan. Demikian pula jika kita menggunakan gula dalam pembuatan jajanan tersebut maka sebaiknya secukupnya saja jangan terlalu banyak. Karena jika terlalu banyak gula yang dipakai disamping dapat merusak gigi anak juga dapat menyebabkan obesitas (kegemukan).
  • Umur Anak
  • Dalam membuat cemilan / jajanan untuk anak ini juga harus diperhatikan umur dari anak. Karena berbeda umur anak tentunya berbeda pula takaran bahan bahan yang dipakai. Hal ini dilakukan agar jajanan nantinya dapat secara optimal dimakan dan tidak terbuang sia sia.
  • Kondisi Anak
  • Kondisi anak ini meliputi berbagai hal. Misalnya saja apakah anak memiliki alergi tertentu terhadap suatu bahan makanan atau tidak ? Apakah anak mempunyai penykit yang harus meghindari jenis jenis bahan tertentu atau tidak.
  • Variasi
  • Jika kita membuat makanan cukup sering maka variasi jajanan ini harus diperhatikan. Hal ini agar anak tidak lekas bosan dengan jajanan yang kita buat.
  • Budget
  • Tentunya jajanan yang kita buat ini juga harus disesuaikan dengan budget yang kita punya. Jika uang belanja yang kita punya besar sih kita bebas saja dalam membuat jajanan tersebut. Namun jika budget yang kita punya terbatas ya  kita harus pintar pintar dalam menetukan jajanan apa yang akan kita buat. 
Namun meskipun sebagai orang tua sudah membuat sendiri jajanan anak tidak ada salahnya jika tetap mengizinkan anak untuk membeli jajanana di luar. Tentunya dengan tetap di batasi misalnya sekian kali dalam seminggu dan pastikan jajanan yang dibeli tersebut aman untuk kesehatan anak.

Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About