LAPTOP MURAH 1 JUTAAN

Cara Perawatan Bayi Prematur di Rumah


Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada masa kehamilan belum sampai saat kelahiran seharusnya. Ada banyak penyebab bayi lahir prematur, beberapa di antaranya adalah karena ibu juga pernah melahirkan prematur sebelumnya, atau ada gangguan di rahim dan janin. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang pemahaman dini dan bagaimana perawatan bayi premature, sehingga perkembangan bayi premature menjadi lebih baik.

Prematur merupakan bayi yang lahir pada usia 20 minggu sampai dengan 37 minggu usia kehamilan, yang dihitung dari hari pertama periode haid terakhir. WHO membagi kelahiran prematur menjadi 3 kategori yaitu, bayi prematur 6 bulan, bayi prematur 7 bulan, bayi prematur 8 bulan. Bayi prematur memiliki resiko pembentukan organ yang buruk. Resiko ini akan semakin tinggi seiring dengan semakin muda usia bayi yang dilahirkan. Oleh sebab itu bayi yang lahir secara prematur wajib mendapatkan perawatan khusus di ruang NICU (Unit Perawatan Intensif Neonatal). Sehingga bayi dapat mengejar semua penundaan pertumbuhan.

Perawatan bayi prematur dilakukan saat bayi prematur telah memenuhi kriteria tertentu, bayi akan diberi izin untuk dibawa pulang oleh orang tuanya ke rumah. Dalam perawatan bayi prematur memerlukan kerja sama yang baik antara orang tua dan petugas medis, karena bayi prematur memerlukan beberapa perawatan yang berbeda dari perawatan bayi secara umum.

Supaya tumbuh kembang anak bayi premature sehat, berikut adalah beberapa cara untuk merawat bayi prematur di rumah. Yang pertama adalah mempersiapkan kamar bayi yang bersih. Bayi prematur akan lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak sempurna. Oleh karena itu, jauhkan bayi dari lingkungan yang tercemar dengan debu, bahan kimia, asap rokok atau orang sakit.

Kedua, mengatur suhu kamar bayi. Dalam merawat bayi prematur kita harus memperhatikan suhu ruangan. Suhu ruangan yang ditempati harus diatur sedemikian rupa agar tetap stabil pada suhu 26 sampai 27 derajat celcius. Jika terlalu dingin maka akan membuat hipotermia (suhu turun menjadi sangat rendah), jika suhunya terlalu tinggi bisa menyebabkan dehidrasi. Demikianlah ulasan kami tentang cara perawatan bayi prematur di rumah, semoga bermanfaat bagi anda.  
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About