Beberapa Manfaat Tahu yang Perlu Anda Ketahui

manfaat tahu
Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia, kepopuleran dari tahu ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya seperti harganya yang murah, rasanya enak serta manfaat tahu yang cukup banyak. Karena berbagai kelebihan inilah tak mengherankan jika kita dengan mudah menemukan tahu maupun makanan olahan yang berasal dari tahu di berbagai tempat di Indonesia. Dari warung warung kecil dekat rumah hingga ke rumah makan besar banyak yang menyajikan tahu ini dengan berbagai jenis resep yang memiliki aneka macam cita rasa.

Sebagai makanan yang terbuat dari kedelai tahu sama seperti tempe merupakan sumber makanan yang mengandung protein nabati serta beberapa zat gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Diantara sekian banyak manfaat tahu ini diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Mengurangi resiko kanker pada manusia, salah satu zat yang terkandung dalam tahu yakni isoflavon merupakan salah satu anti oksidan yang bisa menghambat tumbuhnya sel sel kanker pada manusia. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, makanan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti misalnya tahu dan tempe bisa bermanfaat untuk meminimalisir atau menurunkan resiko  terjadinya kanker terutama jenis kanker prostat, usus dan payudara.
  • Menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular, kandungan protein nabati pada tahu ini banyak dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein) pada tubuh manusia. Dengan turunnya kadar LDL ini maka dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah timbulnya  aterosklerosis. Jadi bisa juga dikatakan bahwasanya tahu in cukup bermanfaat untuk kesehatan jantung sesorang.
  • Meringankan gejala pada wanita menopouse, pada wanita yang mengalami menapouse biasanay mengalami keropos tulang. Dan tahu yang mengandung isoflavon ini memiliki fungsi lain yakni meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang keropos dapat dicegah.
  • Membantu fungsi ginjal, Jenis protein pada tahu yakni protein nabati ternyata merupakan jenis protein yang bisa dikonsumsi ketika sedang melakukan dialisis ginjal.
  • Bisa digunakan sebagai salah satu menu untuk MPASI (makanan pendamping ASI), karena tahu memiliki tekstur yang cukup lembut dan kaya akan nutrisi seperti zat besi, kalsium serta protein maka menjadikan tahu ini makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh orang dari berbagai rentang usia. Dari mulai balita hingga dewasa cocok untuk mengonsumsi tahu. Untuk anak anka sendiri kandungan gizi dalam tahu seperti kalsium dan protein sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan badannya. Untuk menjadikan tahu sebagai salah satu MPASI sendiri tentunya harus dilakukan dnega tepat. Ketepatan ini meliputi berbagai hal misalnya saja dalam hal cara memasak tahu untuk MPASI ini. Ada beberapa cara untuk mejadikan tahu sebagai salah satu MPASI salah satu diantaranya adalah membuat puree tahu yang bisa dikonsumsi oleh anak yang berumur 7 bulan ke atas. Puree tahu ini merupakan salah satu jenis makanan dengan tekstur yang sudah termasuk lembut sehingga saat akan diberikan ke bayi tidak perlu lagi untuk diblender. 

Namun meski penggunaan tahu sebagai salah satu menu makanan baik bagi orang dewasa maupun anak anak ini cukup bermanfaat kita tetap tidak boleh untuk menggunakan tahu secara berlebihan. Hal ini karena mengonsumsi tahu secara berlebihan baik itu untuk orang tua, anak anak maupun bayi memiliki resiko atau bahaya yang cukup tinggi. Diantara beberapa bahaya yang ditimbulkan karena memakan tahu terlalu banyak antara lain adalah timbulnya asam urat, gangguan pada hormon hormon tertentu yang menyebakan terjadinya ketidak seimbangan hormon dalam tubuh, serta jika jumlah tahu yang dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan kalori yang masuk ke tubuh juga besar.



Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About