Ini Dia 7 Manfaat Penting Zat Besi Bagi Bumil


Zat besi termasuk senyawa yang memiliki peran begitu penting dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya digunakan sebagai bahan pembentukan sel-sel darah merah. Kebutuhannya akan kian meningkat apalagi untuk wanita yang sedang hamil. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini pastinya sudah tak asing lagi. Bahkan tak jarang diantaranya wanita hamil yang tidak cukup hanya dengan konsumsi bahan-bahan makanan yang kaya kandungan zat besi saja, melainkan juga harus disertai dengan suplemen untuk penunjangnya.

Berikut ini diantara manfaat penting zat besi untuk bumil yang patut diketahui:
  1. Berguna di dalam menghantarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, setiap organ tubuh membutuhkan oksigen, namun kekurangan zat besi akan menyulitkan darah untuk menghantarkannya, apalagi ketika sedang hamil, hal ini berperan terhadap pertumbuhan dan juga perkembangan janin.
  2. Membantu mengedarkan sari makanan, tak hanya untuk tubuh sendiri, melainkan juga untuk janin yang sedang dikandung, sehingga nantinya mereka dapat terhindar dari resiko bayi lahir cacat, karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi sejak trimester pertama.
  3. Meningkatkan produksi hormon, khususnya adalah hormon yang berhubungan dengan kehamilan, sehingga nantinya pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan bisa berlangsung sempurna.
  4. Berperan dalam pembentukan plasenta, plasenta ini yang menghubungkan antara bayi dan juga ibunya, juga sebagai sarana untuk mensuplay kebutuhan makanan hingga oksigen pada janin, jika plasenta tidak terbentuk sempurna, tentunya ada resiko bayi lahir cacat.
  5. Dapat membantu dalam pembentukan energi, wanita yang tengah hamil nyatanya membutuhkan energi dua kali lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, agar tidak cepat lelah dalam menjalankan rutinitas sehari-hari, khususnya ketika tengah hamil.
  6. Menurunkan resiko anemia atau kekurangan sel darah merah, karena senyawa bahan utama sel darah merah tercukupi untuk pembentukannya.
  7. Dapat mengurangi resiko berat badan kecil pada buah hati, karena perkembangan dan juga pertumbuhan janin berlangsung secara sempurna.
Jadi jangan sepelekan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini, jika perlu konsumsi suplemennya yang banyak dijual di pasaran, temukan di Go Apotik.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About