Waspada Gejala Penyakit Stroke dan Kenali Cara Pengobatannya


Penyakit stroke memiliki nama lain yaitu Cerebrovascular Accident (CVA). Definisi penyakit tersebut adalah penyakit yang terjadi ketika aliran darah menuju otak terhambat atau bahkan berkurang sama sekali. Akibatnya, sel-sel yang berada di dalam otak akan mati dalam waktu beberapa menit saja, sehingga dapat memengaruhi organ lain bahkan bisa mengakibatkan kerusakan secara permanen.
Setiap orang tentu saja ingin terhindar dari penyakit ini, sehingga penting menjaga kesehatan agar setiap orang terhindar dari penyakit yang satu ini. Salah satu langkah agar terhindar dari penyakit tersebut adalah dengan mengetahui secara mendalam tentang penyakit tersebut. Nah, penyakit CVA ini terdiri dari beberapa jenis yang perlu anda ketahui
  1. Jenis stroke iskemik
    Jenis penyakit CVA yang pertama adalah jenis iskemik. Menurut definisi, penyakit CVA jenis ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh aliran darah yang terhambat oleh darah yang membeku. Apabila di biarkan, tentu bisa berakibat fatal. Adapun penyebab dari pembekuan darah tersebut salah satunya adalah disebabkan oleh timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh pasien.
  2. Jenis hemoragik
    CVA jenis hemoragik dapat terjadi karena sebabkan oleh pelemahan pembuluh darah di otak yang kemudian terjadi pembuluh darah pecah. Darah kemudian menjadi tidak beraturan dan akhirnya menggumpal dan menjadi penghambat aliran darah ke otak. Penyakit jenis ini termasuk yang berada di kategori parah karena dapat mengakibatkan pasien mengalami koma.
  3. Jenis CVA ringan
    Nama lain dari CVA ringan adalah transient ischemic attack (TIA). TIA merupakan jenis penyakit CVA yang terjadi dalam waktu singkat saja. Bisa kurang dari 24 jam atau bahkan hanya beberapa menit saja. Terjadi juga karena kekurangan darah pada otak yang terjadi pada waktu singkat tersebut. Meskipun jenis penyakit ini berada di kategori ringan, tetap saja diperlukan penanganan yang tepat.
Agar lebih waspada terhadap penyakit CVA, maka anda perlu mengetahui gejala apa saja yang terjadi ketika seseorang menderita penyakit yang satu ini. Apabila seseorang mengalami salah satu gejala di bawah ini, maka sebaiknya segera periksa ke dokter terpercaya agar bisa segera mendapat perawatan yang tepat. Berikut gejala penyakit CVA tersebut.
  1. Tiba-tiba sakit kepala, terjadi secara tiba-tiba
    Sakit kepala secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu gejala penyakit ini. Perlu anda ketahui bahwa penyakit CVA ini merupakan penyakit yang cenderung terjadi secara tiba-tiba.
  2. Kehilangan kesadaran bahkan sampai koma
    Gejala yang kedua adalah kehilangan kesadaran, atau mengalami koma. Sebaiknya segera bawa pasien ke dokter ketika mengalami gejala ini.
  3. Vertigo atau pusing, penglihatan buram, kehilangan keseimbangan
    Ada perlu berhati-hati ketika mengalami penyakit vertigo atau pusing. Bisa jadi penyakit tersebut adalah gejala penyakit CVA. Kehilangan keseimbangan yang dimaksud dapat di indikasikan dengan adanya kesulitan ketika mencoba menyeimbangkan tubuh ketika berjalan. Dan penglihatan buram juga menjadi salah satu gejala. Penglihatan yang menghitam juga salah satu gejala penyakit ini.
  4. Mati rasa di salah satu bagian sisi tubuh
    Salah satu gejala yang banyak orang tahu, yaitu mati rasa atau sulit untuk menggerakkan salah satu sisi tubuh saja, baik itu kiri atau kanan. Organ yang bisa mati rasa bisa organ di wajah, tangan, maupun kaki.
  5. Terjadi masalah ketika berbicara, mendengar
    Mungkin sebagian dari anda juga sudah mengenal gejala yang satu ini, yaitu terjadi kesulitan ketika hendak berbicara maupun untuk mendengar.
Pengobatan menjadi jalan terbaik untuk mengatasi penyakit stroke. Nah, salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan terapi. Terapi memiliki manfaat tersendiri karena dapat mengingat kembali kemampuan tubuh yang hilang ketika penyakit tersebut menyerang. Adapun tingkat kesembuhan dari terapi ini tergantung dari seberapa parah penyakit yang di derita tersebut.
Nah, itulah cara pengobatan stroke yang dilakukan dengan melakukan terapi. Ada baiknya apabila ketika melakukan terapi tersebut pasien di dampingi oleh dokter, sehingga dapat melakukan terapi dengan benar dan bisa menghasilkan kesembuhan yang maksimal. Di samping itu, setiap orang tentu harus waspada terhadap penyakit yang satu ini dengan cara menjaga kesehatan tubuh dengan sebaik-baiknya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About