Jangan Sepelekan Gejala Flu Pada Bayi


Terkadang para orang tua berpikir bahwa menghindari panik ketika buah hati mengalami gejala penyakit tertentu menjadi langkah awal yang sangat tepat. Tetapi di balik menghindari kepanikan, terkadang juga malah membuat sebagian orang tua malah mengabaikan hal-hal yang harusnya diperhatikan. Termasuk ketika bayi mengalami gejala flu atau pilek. Tidak hanya memberi obat flu untuk bayi saja, Anda wajib memperhatikan lebih rinci.

Khususnya dalam hal gejala-gejala yang dialami bayi. Karena gejala-gejala tersebut, seperti gejala yang tergolong tidak normal atau tergolong parah bisa menjadi gejala dari penyakit lainnya. Memberi tindakan dasar merupakan langkah paling tepat. Begitu pun dengan menyesuaikan langkah tersebut berdasarkan gejala yang terjadi.

Tindakan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jika gejala yang dialami bayi Anda tergolong ringan dan tidak begitu mengganggu kondisinya, seperti bayi masih mau diberi makan, masih nyenyak ketika tidur, atau dia tidak terserang demam, Anda boleh mengurangi gejala-gejala yang muncul hanya di rumah saja. Menggunakan cara tradisional. Atau lebih tepatnya cara-cara dasar atasi flu bayi di rumah.

Mulai lah dengan selalu cek suhu tubuh bayi Anda 6 jam sekali. Pastikan suhu tubuhnya tergolong normal atau dia tidak mengalami demam hebat. Kemudian perhatikan perilakunya, apakah dia terlihat tenang dan masih baik-baik saja. Pastikan dia tidak rewel berlebihan.

Perhatikan Kelembaban Ruangan

Tindakan dasar ketika Anda menyadari si kecil mengalami gejala flu bisa dilanjutkan dengan atur suhu dan tingkat kelembaban ruangan si kecil.

Caranya, matikan AC dalam ruangan, buka sedikit jendela agar udara masuk. Alat elektronik AC cenderung membuat suhu dan kondisi udara di sebuah ruangan jadi kering. Sementara gejala flu ataupun batuk biasanya mudah muncul jika kondisi saluran pernapasan kering.

Bila bayi terbiasa dengan suhu ruangan ber-AC, Anda bisa gunakan alat elektronik humidifier atau uap air hangat (taruh air panas di wadah dan simpan di area kasur) untuk menambah tingkat kelembaban.

Menjaga kebersihan baik dari sisi bayi, lingkungan, ataupun orang-orang terdekatnya bisa menjadi point penambah. Selain itu, perhatian dari ibu dan sikap siap siaga juga akan membantu. Segera pergi ke dokter bila gejala yang muncul tidak lagi normal, mengganggu bayi, serta memicu gejala lebih parah. Minta obat pilek resep dokter paling tepat dan sesuai.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About