Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemilihan Kemeja Kerja Lapangan


Kemeja merupakan salah satu jenis pakaian  yang sangat umum dipakai di lingkungan kerja. Hal ini tentunya tak terlepas dari sifat kemeja yang cukup fleksibel karena bisa didesain untuk pakaian formal maupun non formal.

Penggunaan kemeja sebagai pakaian kerja ini tak hanya dipakai oleh para pekerja kantoran saja akan tetapi juga oleh mereka yang bekerja di lapangan / outdoor seperti para pekerja tambang, proyek dan yang sejenisnya. Namun tentunya jenis kemeja yang dipergunakan untuk pekerjaan outdoor ini tak sama dengan kemeja untuk pekerja kantoran. Perbedaan ini biasanya terdapat pada model dan bahan kain yang dipergunakan.

Untuk pembelian jenis kemeja lapangan ini biasanya tidak dilakukan secara perseorangan atau satuan melainkan dilakukan dalam partai besar oleh perusahaan. Karena itu jika kita saat ini merupakan orang yang bertanggung jawab dalam masalah pengadaan seragam kerja lapangan ini ada baiknya kita pintar pintar dalam pemilihannya.

Agar pekerjaan bisa dilakukan dengan nyaman tentunya kita tidak bisa secara sembarangan saja memilih kemeja kerja. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memilih kemeja  lapangan yang akan dipakai. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Bahan yang Dipergunakan
Pemilihan bahan kemeja yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan sangat penting untuk kita lakukan. Karena itu untuk jenis pekerjaan lapangan selain memperhatikan faktor kenyamana jenis kain yang dipergunakan sebagai bahan kemeja juga harus memperhatikan keawetan dan ketahanan terhadap kondisi lingkungan kerja. Untuk itu sebaiknya kita memilih bahan pakaian yang memiliki karakteristik adem, tebal dan kuat. Untuk keperluan ini jenis kain yang biasa dipakai adalah kain drill yang merupakan perpaduan antara katun dan polyester.

Model dan Warna Pakaian
Karena pekerjaan lapangan umumnya berkaitan dengan masalah teknis maka selain memperhatikan masalah penampilan model kemeja juga perlu memperhatikan soal fungsionalitas dan safety. Karena itu model pakaian lapangan antara satu instansi dengan instansi lainnya bisa saja berbeda. Sebagai contoh untuk kemeja para pekerja proyek atau tambang  yang bekerja di tempat redup biasanya dilengkapi dengan reflektor yang bisa dengan maksimal memantulkan cahaya sehingga objek yang ada bisa dilihat dengan jelas walaupun saat itu cuma ada sedikit cahaya. Demikian juga dengan masalah lengan kemeja apakah pendek atau panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk warna dari kemeja lapangan ini juga biasanya menyesuaikan dengan bidang kerja yang dijalankan. Misalnya saja untuk kemeja di pertambangan cukup banyak yang menggunakan warna terang yang memiliki visibilitas tinggi seperti orange, kuning maupun hijau. Namun untuk beberapa pekerjaan seperti teknisi mesin yang sering berkutat dengan oli dan yang sejenisnya tak jarang warna yang dipilih adalah warna gelap.

Kualitas Kemeja
Untuk kualitas kemeja kerja ini tak hanya soal kualitas kain yang dipakai saja yang diperhatikan. Akan tetapi juga kualitas bahan bahan lainnya seperti kancing, benang yang dipakai termasuk juga kualitas jahitan dari kemeja tersebut. Dengan pemilihan pakaian berkualitas tinggi tentunya akan bisa memaksimalkan masa pakai dari kemeja tersebut.

Harga
Karena pengadaan kemeja kerja lapangan ini umumnya menggunakan uang perusahaan yang sudah ada pagu harganya maka kita harus pintar pintar dalam memilihnya sehingga bisa mendapatkan seragam kerja dengan harga di bawah pagu yang telah ditentukan perusahaan.

Vendor
Untuk bisa mendapatkan kemeja kerja dengan kualitas dan harga yang sesuai maka salah satu caranya adalah dengan membandingkan antara vendor satu dengan lainnya. Vendor dalam hal ini adalah layanan konveksi / garment yang memproduksi aneka produk fashion termasuk juga kemeja kerja. Untuk pemilihan vendor ini selain masalah harga dan kualitas pastikan juga memilih yang sudah berpengalaman dan memiliki kapasitas produksi cukup tinggi sehingga pesanan kita bisa cepat dikerjakan. Salah satu contoh layanan garment dengan kapasitas produksi yang cukup tinggi ini adalah dunia garment yang memiliki kapasitas produksi kemeja hingga 8000 pcs.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About