Memilih Layanan Hosting Untuk Bisnis Online Kita


Kemajuan teknologi yang begitu pesat beberapa tahun belakangan ini memaksa pelaku bisnis untuk bisa beradaptasi jika mereka ingin survive. Salah satu bentuk adaptasi ini misalnya dengan mengembangkan bisnisnya tak hanya melalui sarana offline saja akan tetapi juga merambah ke dunia online. 

Salah satu metode yang cukup banyak orang gunakan dalam berbisnis online ini adalah menggunakan website untuk memasarkan produk atau jasanya. Dengan membuat website untuk keperluan bisnis online ini ada berbagai keuntungan yang bisa kita peroleh. Misalnya saja jangkauan bisnis menjadi lebih luas bisa mencapai berbagai daerah atau bahkan ke luar negeri, , bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, memperkuat branding usaha / bisnis kita dan lain sebagainya.

Tentunya untuk mendapatkan benefit di atas kita tidak bisa sembarangan saja dalam membuat web bisnis online kita. Sebelum membuat web bisnis ini kita perlu melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Mulai dari soal desain web, domain hingga hosting yang akan dipakai harus dipertimbangkan matang matang terlebih dahulu.

Untuk urusan domain misalnya kita perlu memilih domain yang sesuai dengan brand bisnis kita, tidak terlalu panjang, mudah diingat dan dibaca, serta tidak melanggar hak cipta pihak lain. Pastikan juga memilih ekstensi yang sesuai dengan core bisnis kita.

Sementara untuk urusan pemilihan hosting yang akan kita sewa sebaiknya juga memilih yang memenuhi kriteria tertentu. Misalnya saja untuk lokasi server dari hosting yang akan kita sewa. Jika kita menargetkan visitor web kita berasal dari Indonesia maka akan lebih baik memilih hosting indonesia dengan server IIX. Hal ini karena lokasi server akan berpengaruh terhadap kecepatan website nantinya.

Pastikan juga spek dari hosting ini sesuai dengan kebutuhan kita. Baik itu dari segi storage, bandwidth, cpu, i/o, inode dan lain sebagainya. Jangan hanya tergiur tawaran dari iklan yang ada. Pastikan juga memilih hosting yang memang sudah memiliki reputasi bagus. Reputasi ini bisa kita lihat dari sejumlah review yang mereka terima selama ini dari user mereka. Dan akan lebih bagus jika kita memilih hosting yang sudah berbadan hukum dibanding menggunakan hosting yang dikelola perorangan. 

Dan yang tak kalah pentingnya adalah soal harga sewa dari hosting. Karena kita akan menggunakan hosting ini untuk keperluan bisnis maka kita perlu mengkalkulasikan harga sewa hosting ini dengan budget yang kita miliki serta prospek web ke depan nantinya. Oke lah untuk awal awal mungkin kita bisa memilih hosting murah dan nantinya di upgrade ke paket yang lebih tinggi jika web sudah berkembang dan trafiknya meningkat.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada cukup banyak layanan hosting yang bisa kita jadikan pilihan dalam pembuatan web bisnis kita. Salah satunya adalah Qwords. Layanan hosting yang sudah belasan tahun berdiri ini sudah dipercaya banyak pelaku bisnis online baik skala kecil, menengah maupun besar. Qwords juga memiliki berbagai pilihan paket hosting yang sesuai dengan kapasitas bisnis kita.

Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About