Rasa Apa Saja yang Ada di Makanan Khas Jawa?

 


Makanan khas Jawa adalah makanan yang berasal dari daerah Jawa. Adapun yang dimaksud dengan daerah Jawa adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan  Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai rasa apa saja yang ada di makanan yang berasal dari Jawa.

  1. Definisi Makanan Khas Jawa

Definisinya adalah segala makanan yang berasal dari Jawa, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengapa hanya ketiga daerah tersebut saja? Karena untuk Jawa Barat, mengacu sebutannya ke makanan khas Sunda.

Sedangkan untuk DKI Jakarta, mengacu sebutannya ke makanan khas Betawi. Jadi, asal dari makanan ciri khas Jawa bukan dari seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa, melainkan mengacu ke hanya tiga provinsi saja.

  1. Rasa Manis

Makanan Jawa biasanya rasanya manis. Mengapa? Karena orang yang berasal dari Jawa adalah penyuka rasa manis. Bagi mereka, sehari tidak makan makanan manis, seperti suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan atau bahkan tidak sanggup dilakukan.

Adapun rasa manis adalah rasa tersering nomor satu yang muncul di makanan ciri khas Jawa. Semua orang tahu bahwa rasa manis paling sering muncul di makanan Jawa. Contoh makanan Jawa yang ada rasa manisnya adalah wajik, gula jawa, gula aren, gudeg, bumbu pecel, dan lain-lain.

  1. Rasa Asin

Rasa asin juga ada di makanan Jawa. Boleh dikatakan bahwa semua makanan Jawa menggunakan garam, dan itu berarti bahwa mereka memasukkan rasa asin di semua makanannya. Contoh makanan Jawa yang ada rasa asinnya adalah Telor Asin, Sayur Krecek, Peyek, Kerupuk Gendar, dan lain-lain.

  1. Rasa Pahit

Rasa pahit juga ada di makanan Jawa. Walaupun, rasa ini jarang muncul di banyak makanan ciri khas Jawa, namun rasa ini cukup digemari. Contoh makanan Jawa yang ada rasa pahitnya adalah Pecel, di mana rasa pahit terdapat salah satu sayurannya, yaitu sayur daun pepaya. Selain pecel, juga ada makanan Jawa yang berupa olahan Pare.

  1. Rasa Asam

Rasa asam ada di makanan ciri khas Jawa. Pernah dengar bumbu masak yang bernama asam Jawa? Ya, bumbu masak yang satu ini adalah bumbu masak yang jitu. Banyak sekali makanan Jawa yang diberi bumbu ini sehingga terdapat rasa asam di dalam masakannya.

  1. Rasa Gurih

Rasa gurih pada masakan Jawa terdapat di makanannya, yaitu petis, rawon, rujak cingur, Soto Lamongan, dan lain-lain.

  1. Rasa Pedas

Rasa pedas ternyata juga ada di makanan Jawa. Banyak juga orang Jawa yang merupakan penggemar rasa pedas. Jadi, “salah besar” bagi orang yang beranggapan bahwa orang Jawa tidak suka rasa pedas dan hanya penyuka rasa manis.

Krecek adalah salah satu sayur yang memiliki rasa pedas atau sangat pedas. Didalamnya terdapat cabe rawit Jawa atau cabe setan yang membuat rasa sayur tersebut menjadi pedas atau sangat pedas.

Diketahui bahwa cabe rawit Jawa adalah cabe terpedas yang biasa dipakai di masakan Indonesia. Selain krecek, juga ada bumbu pecel yang terasa pedas dan manis. Orang Jawa sering sekali makan makanan ini.

Demikian penjelasan mengenai rasa apa saja yang ada di makanan khas Jawa, dan mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi Anda yang suka masak atau makan makanan khas Jawa. Jika Anda tertarik untuk membuktikan penjelasan diatas, Anda bisa mulai membuktikannya sekarang.

This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About