Cara Pasang Paving Block / Conblock Yang Baik dan Benar


 
Jika anda sudah memiliki conblock namun masih bingung mengenai bagaimana cara pasang paving block, maka informasi dan panduan satu ini cocok untuk Anda. Beberapa rumah menggunakan paving untuk memberikan visual yang lebih menarik namun juga tetap memperhatikan fungsionalitas lainnya. 


Sebenarnya pemasangan conblock sendiri akan lebih baik jika dipasang oleh professional, tapi jika Anda hanya memasang dalam jumlah sedikit tentu akan lebih menguntungkan jika memasangnya sendiri. Jika Anda sedang mempertimbangkan pemasangan sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Sebelum Memulai Pemasangan

Ada baiknya jika Anda memperhatikan tempat yang akan di pasang paving block. Gambar sketsa kasar untuk mengetahui kira - kira berapa kebutuhan paving, atau ukuran yang akan digunakan. Anda tidak perlu membuat sketsa yang terlalu teknis, yang paling penting adalah ukuran, jumlah, dan posisi pemasangannya. 

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan Conblock?

Dalam pemasangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang tentunya salah satunya adalah kesiapan alat yang kita miliki. Beberapa alat yang umum digunakan adalah


  • Pasak dan tali

  • Sekop kecil dan besar 

  • Leveler (alat untuk mengukur kemiringan)

  • Palu

  • Dan sebagainya 


Anda mungkin juga membutuhkan beberapa alat lain misalnya untuk meratakan dan memadatkan tanah seperti cangkul. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan tersebut, mungkin bisa untuk meminjam di tetangga Anda atau mungkin menyewa, dan membelinya terlebih dahulu. 


Lalu material apa saja yang dibutuhkan untuk pemasangan conblock? 


  • Tentu saja Anda membutuhkan Paving block atau conblock 

  • Pasir dan sedikit semen

  • Kerikil halus

  • Sedikit air


Setidaknya itulah beberapa material minimalis yang dibutuhkan saat pemasangan conblock. 

Berapa Banyak Conblock Yang Dibutuhkan Per Meter Persegi?

Untuk jumlah sendiri tergantung dari ukuran tanah yang akan dipasang conblock. Seperti yang sudah kita bahas, sebelumnya kita memiliki sketsa luas permukaan yang akan dipasang paving. Setelah itu kita bisa menentukan jumlah paving conblock berdasarkan dari ukuran tanah tersebut, dibandingkan dengan ukuran paving block yang akan kita gunakan. Secara kasar seperti itu perhitungan yang mudahnya. 

Pasir Apa Yang Cocok Digunakan Untuk Pemasangan Conblock?

Rata - rata jenis pasir yang ada di Indonesia cocok untuk digunakan sebagai pasir untuk memasang paving block. Namun jika harus mengatakan secara spesifik pasir halus kering sangatlah cocok untuk dijadikan pilihan utama. 

Langkah dan Cara Memasang Paving Block 

Selanjutnya kita masuk ke dalam cara memasang paving block dengan sedikit langkah serta panduan yang cukup jelas. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk pemasangan dari paving block atau conblock. 

Langkah 1: Keruk dan Ratakan Tanah 

Langkah pertama ini adalah membuat sebuah kerukan tanah sesuai dengan luas tanah yang akan dipasang paving. Sebenarnya cara ini bisa kita lewati, namun agar terlihat rapi cara ini merupakan cara wajib. Dengan menggunakan kerukan tanah, kita bisa meratakan permukaan yang dipasang paving dan tidak. Biasanya paling aman adalah membuat kerukan dengan kedalaman sekitar 15cm. 

Langkah 2: Tempatkan pembatas 

Gunakan tali pasak dan tempatkan kerikil untuk memberikan batas. 

Langkah 3: Tempatkan pasir halus 

Tahap ini adalah penggunaan pasir halus untuk memberikan lapisan tahap 1. 

Langkah 4: Tempatkan Pengunci Conblock

Pasang beberapa kepingan kanstin beton, yaitu pengunci paving block agar nantinya conblock tidak mudah bergeser. 

Langkah 5: Mulai Pasang Conblock Satu Persatu

Mulai dengan perlahan dan susun satu persatu paving sesuai dengan keinginan. Ketika memasang pastikan untuk melakukan pemadatan dengan menginjak dengan hati - hati. Apabila ada beberapa ruas yang tidak terisi bisa potong conblock menggunakan alat pemotong. 

Langkah 6: Joint Filler

Saat sudah melakukan pemasangan conblock kita harus mengisi celah kosong antar conblock. Nah anda bisa mulai mengisi celah menggunakan kerikil atau batu agar terlihat rata. Untuk lebih memaksimalkan hasil bisa memadatkannya dengan baby roller

Langkah 7: Terakhir, Bersihkan Permukaan 

Langkah terakhir adalah membersihkan permukaan paving. Setelah semua selesai kita bisa membersihkan conblock agar terlihat rapi dan bersih. Dan selamat menikmati hasil kerja keras Anda. 


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger