6 Tips Agar Lebih Terampil Dalam Public Speaking


Memahami public speaking dengan baik dan benar memang sangatlah penting apalagi jika anda akan terjun kedunia motivator seperti Mario Teguh misalnya yang merupakan seorang public speaking Indonesia  yang cukup terkenal karena memiliki acara sendiri disebuah stasiun TV swasta.

Pembawaan komunikasi yang baik tentunya dapat memberikan poin-poin informasi yang akan disampaikan kepada publik/umum dapat mereka pahami. Berikut beberapa tips mengenai public speaking yang ingin memperdalamnya:

1. Spontan

.Hal yang pertama agar kamu memiliki kemampuan public speaking yang baik adalah jangan menghapal isi pembicaraan yang akan disampaikan. Jika anda menghapal isi pembicaraan tersebut malah akan membuat anda dan audiens tidak terjalin kedekatan secara personal. Disamping itu juga jika menghapal dan anda lupa beberapa kata isi yang dihapalkan akan membuat anda menjadi panik, kelabakan, bahkan bicara anda menjadi ngelantur kemana-mana

2. Buat poin-poin yang penting

Dengan menulis poin-poin yang ada pada isi pembicaraan anda akan lebih mudah menjelaskannya tanpa perlu merasa terbata-bata saat berbicara. Jadi dengan begitu informasi yang akan disampaikan akan sampai sepenuhnya kepada para audience.

3. Lakukan Interaksi dengan Audience

Dengan selalu melakukan interkasi kepada para pendengar isi pembicaraan anda adalah hal yang terpenting untuk anda lakukan, sehingga forum pembicaraan anda lebih hidup karena adanya feedback antara anda dengan para audience yang lebih aktif. Anda bisa melakukan humor kecil ditengah-tengah pembicaraan.

4. Kuasai Materi

Sebelum melakukan pembicaraan anda diharuskan menguasi sepenuhnya materi yang akan dibawakan, dengan begitu anda bisa memberikan sebuah improvisasi. Terutama jika forum yang dibawakan memiliki durasi yang panjang, dan anda sudah kehabisan materi.

5. Time Management

Gunakanlah durasi waktu yang anda miliki dengan baik, anda akan lebih dipermudah untuk menyusun materi tanpa perlu kehabisan waktu dan waktu berakhir terlalu cepat.

6. Buatlah sebuah alur cerita pada materi

Selanjutnya agar anda lebih terampil public speaking adalah dengan menggunakan alur cerita pada isi materi yang anda sampaikan. Para hadirin akan lebih fokus untuk mendengarkan isi materi anda. apalagi jika cerita yang disampaikan merupakan sebuah pengalaman pribadi ini tentunya akan lebih meyakinkan audiens.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



About